Sukses

Pusing Dan Rambut Rontok

23 Jan 2016, 19:34 WIB
Wanita, 16 tahun.

dok, saya baru berumur 16 tahun tapi saya sering mengalami pusing di bagian dahi, dan beberapa hari ini rambut saya rontok parah dok, saya juga sering merasa mual karena saya punya penyakit maagh. apa saling berhubungan? terimakasih dok.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami akan mengajukan beberapa pertanyaan. Sejak kapan keluhan ini terjadi, apa aktivitas Anda sehari-hari, deskripsi lebih detail mengenai keluhan sakit kepala (di kepala bagian mana, rasanya seperti terikat atau berat atau berdenyut, kapan saja terjadinya, dll) dan rambut rontok (berapa banyak rambut rontok setiap hari, apakah Anda berganti shampo, apakah Anda melakukan perawatan rambut seperti mengecat rambut atau bonding, dll)?

Sayang sekali Anda kurang menjelaskan secara lengkap keluhan yang Anda alami. Keluhan-keluhan tersebut dapat berkaitan satu sama lain, dapat pula tidak saling berkaitan.

Mengenai keluhan Anda mengenai sering pusing, Anda dapat membaca penjelasan pada artikel berikut : Sakit Kepala (Headache).

Mengenai rambut rontok, kerontokan rambut sendiri banyak penyebabnya, seperti pengaruh genetik atau penyakit seperti infeksi jamur atau hipotiroid. Perlu diketahui bahwa pertumbuhan rambut normal berlangsung selama 2-6 tahun. Masing-masing rambut tumbuh sebanyak 1 cm/bulan dalam fase ini. Sekitar 90% dari rambut di kepala tumbuh setiap saat, 10% sisanya dalam fase istirahat. Setelah 2-3 bulan, rambut yang berada dalam fase istirahat rontok dan rambut baru mulai tumbuh pada tempat yang sama. Suatu hal yang normal apabila mendapatkan rambut yang rontok setiap hari, termasuk saat mencuci rambut. Rata-rata kulit kepala memiliki sekitar 100.000 helai rambut, dan secara kasar 50-100 helai rambut dapat rontok setiap hari.

Jika rambut sudah rontok sekitar lebih dari 100 helai rambut/hari, terdapat beberapa hal yang dapat menjadi faktor penyebab, yaitu faktor herediter (keturunan) dan faktor yang didapat (karena penyakit atau keadaan tertentu). Rambut rontok yang disebabkan oleh faktor herediter, tidak dapat disembuhkan, yang dapat dilakukan adalah mencegah agar kerontokan rambut  tidak terlalu cepat.  Sedangkan untuk faktor yang didapat, dapat disebabkan oleh karena penyakit tertentu seperti jamur pada kulit kepala, anemia, demam, sakit tipes ataupun akibat keadaan-keadaan tertentu seperti salah perawatan rambut. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, untuk mencegah kerontokan rambut seperti:

  • Banyak makan makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi
  • Hindari stres
  • Hindari obat-obatan yang mengganggu pertumbuhan rambut
  • Rajin olah raga untuk memperlancar peredaran darah
  • Cukup istirahat
  • Stop merokok (pada yang merokok)
  • Hindari pemakaian pengering rambut dan keramas dengan air panas
  • Hindari pemakaian bahan - bahan kimia di rambut 

Segera konsultasikan diri Anda ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin bila kerontokan terus berlanjut hingga membentuk huruf U dan dahi akan terlihat lebih lebar.

Sedangkan keluhan maag timbul pada saat terjadi peningkatan asam lambung, misalnya saat perut kososng atau saat stress (beban pikiran).

Apakah Anda sedang dalam tekanan atau dalam kondisi stres? Kondisi stres dapat menyebabkan munculnya ketiga keluhan Anda secara bersamaan.

Kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter secara langsung. Dokter akan melakukan wawancara secara menyeluruh dan pemeriksaan fisik lengkap untuk mencari penyebab dari keluhan Anda.

Berikut juga kami lampirkan beberapa artikel yang berkaitan untuk menambah informasi Anda :

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar