Sukses

Mual, Tanda Hamil?

15 Jul 2015, 22:26 WIB
Pria, 22 tahun.

Malam dok. Saya mau menanyakan pacar saya. Dia dari siang itu mual terus muntah sampai malemnya. Kira" kenapa ya dok ? Apakah pacar saya hamil ? Padahal kita berhubungan sudah 2bulan yg lalu. Mohon balasannya dok. Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com 

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Mual dan muntah memang merupakan salah satu tanda kehamilan. Namun termasuk dalam tanda-tanda tidak pasti yang harus didukung dengan tanda pasti kehamilan, salah satunya pemeriksaan janin melalui USG kehamilan.

Selain itu, pada wanita yang hamil, maka siklus menstruasinya akan terhenti. Bagaimana dengan siklus menstruasi pacar anda?

Perlu juga dipastikan, apakah saat anda berhubungan badan melakukan penetrasi sperma kedalam vagina? Apakah anda menggunakan pengaman?

Jika menstruasi pasangan anda memang terhenti, maka dapat terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan tes kehamilan melalui urin dengan testpack. Jika hasilnya positif atau meragukan, barulah dikonfirmasi dengan pemeriksaan USG.

Selain itu perlu juga dilihat keluhan lainnya. Karena bisa saja penyebab mual muntah pada pasangan anda bukanlah kehamilan melainkan gangguan pada sorgan tubuh, misalnya sistem pencernaan.

Untuk memastikan kondisi ini perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung. Sebaiknya pasangan anda memeriksakan diri kepada dokter untuk mendapatkan penangnan yang lebih optimal.

Dan yang tidak kalah penting, selalu jauhi prilaku seks bebas agar anda terhindar dari akibat yang tidak diinginkan.

Demikian penjelasan kami, semoga masalah anda teratasi.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar