Sukses

Hamil Pasca Kuret, Amankah?

21 Jan 2016, 21:28 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat sore dokter, saya mau tanya apakah aman apabila hamil setelah 2 bulan menjalani kuret? Saya sudah mengalami 2 x siklus menstruasi. Menstruasi yg ke 3, saya sudah telat sekitar 1 minggu, apakah ada kemungkinan saya hamil? Terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Pasca tindakan kuret, sudahkah Anda melakukan kontrol ke Dokter Kebidanan dan Kandungan Anda?

Mengenai rencana untuk kembali hamil, bila Anda sudah mendapat haid lagi berarti fungsi organ reproduksi sudah kembali normal. Anda disarankan menunggu hingga lewat 3 siklus menstruasi atau sekitar 3 bulan setelah kuretase sebelum memulai program hamil lagi, untuk menunggu penyembuhan rahim seperti semula, serta supaya Anda siap secara fisik dan emosi untuk hamil lagi.

Terdapat kemungkinan terjadinya kehamilan jika anda berhubungan tidak menggunakan alat kontrasepsi dan terjadi disaat masa subur. Saran kami, sebaiknya Anda mencegah kehamilan selama 3 bulan pasca tindakan kuret dengan cara menggunakan kontrasepsi atau puasa berhubungan intim saat masa subur, guna penyembuhan rahim menjadi seperti semula.

Namun, bila saat ini anda merasakan adanya tanda-tanda kehamilan, maka sebaiknya dilanjutkan dengan pemeriksaan kehamilan (dengan testpack atau USG kehamilan) untuk memastikan kondisi tsb.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar