Sukses

Makanan Untuk Penderita Sindroma Nefrotik

05 Jan 2016, 20:02 WIB
Pria, 18 tahun.

saya didiagnosis dokter terkena sindrom nefrotik yang dimana terdapat protein di urine 2+. apakah untuk mengganti urine yang terbuang saya harus banyak makan makanan yang berprotein atau sebaliknya diet makanan tinggi protein?? mohon balasannya dok.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Sindrom nefrotik adalah kumpulan gejala yang ditandai dengan proteinuria atau terdapatnya protein dalam air seni (lebih dari 3,5 gram per hari), kadar protein darah yang rendah, kadar kolesterol tinggi, trigliserida tinggi, dan adanya pembengkakan, terutama di sekitar mata, kaki, dan tangan.

Adanya kebocoran ginjal sehingga protein ikut terbuang dalam urin bukan lantas menjadikan anda harus mengkonsumsi protein dalam jumlah tinggi.

Diet yang perlu dilakukan adalah jangan mengkonsumsi lebih dari 1 gr protein/ per kg (berat badan) dalam per hari, biasa pasien akan diminta mengkonsumsi ikan dan ayam. Hindari konsumsi garam berlebihan (1-2 g perhari), serta hindari makanan dengan garam yang tinggi seperti salami, saus tomat, makanan siap saji, kecap, dressing salad, hingga snack-snack dengan MSG yang tinggi. Ingat untuk selalu melihat label makanan untuk melihat kandungan garam. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar