Sukses

Alopesia areata

26 Aug 2015, 18:57 WIB
Pria, 35 tahun.

Dok 2013 saya pernah kena areata alopecia dan sembuh tapi kini rambut dan alis saya rontok dan makin tipis terutama bagian dahi dan alis kanan.rambut bagian atas dahi makin tipis padahal saya sudah rajin memakai hair tonik dan gaya hidup sehat tidak merokok.bagaimana dok mengobatinya.agar rambut tidak rontok dan kembali lebat karna hampir semua pengobatan dan hair tonik sudah saya coba,bahkan saya pernah suntik injektion sama dokter dibagian yg pitak agar tumbuh rambut memang berhasil tapi kenapa sekarang kumat lagi.terima kasih dok atas jawabannya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Alopesia areata adalah suatu jenis kerontokan rambut yang bersifat ringan, yang umumnya dianggap sebagai penyakit autoimun. Kondisi ini memberikan gejala berupa bercak-bercak kebotakan pada kulit kepala, seringkali dalam area sirkuler, diberbagai lokasi yang berbeda.

Apabila melibatkan seluruh kulit kepala, disebut sebagai alopesia totalis. Sedangkan bila terjadi pada seluruh tubuh, disebut alopesia universalis (bentuk terparah dari alopesia areata).

Tampaknya alopesia yang anda alami telah mengalami perburukan dimana gejala kembali kambuh dan bertambah berat. Karena dapat disebabkan oleh autoimun, maka penanganan harus diberikan oleh dokter yang berkompeten dalam bidang tersebut. Kami anjurkan anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis Kulit kelamin untuk mendapatkan penanganan yang optimal.

Sementara itu, Untuk mensiasatinya, lakukan upaya berikut;

  • Hindari penggunaan sampo dan produk perawatan rambut lain yang bersifat kuat dan dapat menyebabkan rambut rontok. Jika terjadi kerontokan rambut secara signifikan sesudah menggunakan produk tersebut, hentikan penggunaannya segera.
  • Keringkan rambut yang basah dengan menepuk-nepuk dengan handuk atau diangin-anginkan.
  • Gunakan sisir bergigi jarang. Sisir bergigi rapat cenderung menyebabkan rambut mudah ketarik dan rontok.
  • Mulailah menyisir rambut secara lembut dari akarnya sehingga minyak yang dihasilkan secara alamiah oleh kulit kepala dapat tersebar merata diseluruh rambut.
  • Hindari tindakan penataan dan perawatan rambut yang dapat menyebabkan kerusakan rambut, misalnya pengepangan rambut yang ketat, pengeringan rambut dengan alat, dll.
  • Pada saat mencuci rambut, oleskan sampo pada rambut lalu pijat-pijat kulit kepala dengan ujung-ujung jari dan jangan menggaruk atau menggosoknya dengan kuku.
  • Kenakan topi atau tabir surya yang dilengkapi dengan SPF 15 atau lebih pada titik-titik dikepala yang mengalami kebotakan. Kebotakan akan meningkatkan resiko luka bakar akibat paparan sinar matahari dan kanker kulit.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar