Sukses

Pengobatan Folikulitis

21 Jan 2016, 19:49 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok, kulit kepala saya terkena folikulitis. Saya sudah periksa ke dokter kulit. Jujur saya tidak mampu jika harus terus menerus control ke dokter. Pertanyaan saya: 1. Bisakah saya melakukan perawatan sendiri tanpa harus pergi ke dokter? 2. Obat apa saja yg harus saya pakai? Terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Folikulitis merupakan peradangan atau infeksi yang terjadi pada folikel rambut. Infeksi pada awalnya disebabkan oleh adanya gesekan dari rambut ke pakaian, mencukur, atau blokade dari tumbuhnya rambut yang dapat disertai infeksi yang nantinya berakibat infeksi dan radang pada akar rambut. 

Gejala yang dapat muncul adalah : radang, adanya bentuk seperti jerawat yang dapat mengeluarkan nanah, dan gatal.

Kondisi ini dapat disembuhkan dengan pemberian obat secara adekuat. Selain itu perlu juga menjaga area kulit yang berambut agar tetap bersih.

Untuk membantu meringankan biaya, anda dapat menggunakan asuransi kesehatan yang disediakan oleh pemerintah. Selain itu, bila kondisi penyakit ringan dan dapat ditangani dokter umum, anda juga bisa melakukan pengobatan di puskesmas terdekat didaerah Anda, untuk menekan biaya pengobatan tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar