Sukses

Penyebab Pendarahan Hidung

20 Jan 2016, 20:41 WIB
Wanita, 29 tahun.

Salam, Saya mengalami pendarahan hidung dan baunya tidak enak. Sering juga air liur bercampur darah. Bukan darah segar, tetapi darah berwarna merah tua kecoklatan. Hal ini Sudah terjadi 1 minggu lebih. Sekitar 6 minggu lalu, Sy didiagnosa dokter menderita sinusitis, karena flu yg berkepanjangan. Pertanyaan sy; apakah pendarahan yg Sy alami adalah juga dikarenakan sinusitis? Atau symptom penyakit lain? Mohon saran dan bimbingan dari team Tanya Dokter terkait pengobatanya. Terimakasih. Salam sehat ria

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Perdarahan dari hidung. Sering ditemukan sehari-hari, hampir sebagian besar dapat berhenti sendiri. Harus diingat epitaksis (perdarahan dari hidung) bukan merupakan suatu penyakit tetapi merupakan gejala dari suatu kelainan.

Epitaksis berat, walaupun jarang merupakan kegawatdaruratan yang dapat mengancam keselamatan jiwa pasien, bahkan dapat berakibat fatal jika tidak cepat ditolong.  Sumber perdarahan dapat berasal dari depan hidung maupun belakang hidung.

Seringkali epitaksis timbul spontan tanpa dapat ditelusuri penyebabnya, tetapi terkadang epitaksis ditimbulkan oleh trauma. Berbagai penyebab epitaksis dibagi menjadi 2 bagian besar yaitu lokal dan sistemik. Penyebab lokal yang tersering adalah Trauma, infeksi, neoplasma  dan kelainan kongenital. Penyebab lainnya adalah kelainan sitemik, seperti penyakit jantung, kelainan darah, infeksi, perubahan tekanan atmosfer dan gangguan endokrin / hormon.

Untuk mendiagnosa apa penyebab dari perdarahan pada hidung anda maka sebaiknya langsung memeriksakan diri ke dokter THT agar dapat diketahui penyebab dari gejala yang anda keluhkan dan mendapatkan pengobatan yang sekiranya diperlukan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar