Sukses

Hasil Pemeriksaan Toksoplasma

20 Jan 2016, 20:44 WIB
Pria, 40 tahun.

Selamat malam dokter. Sy mau tanya; Calon istri sy toxo IgG nya pisitif. IgM negatif. Kami berencana pingin sgera punya anak... apa yg harus kami lakukan dgn Toxo IgG pisitif tersebut? Trima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Bagi penderita yang sudah pernah terkena infeksi toksoplasma sebelumnya maka tubuh akan membentuk sistem pertahanan (sistem imun) untuk melindungi diri dari infeksi ulang. Sistem pertahanan tubuh ini ditandai dengan adanya hasil IgG anti-toksoplasma yang positif, yang menunjukkan bahwa tubuh sudah pernah mendapatkan infeksi toksoplasma sebelumnya. Dengan adanya sistem pertahanan tubuh terhadap rubella ini maka kalaupun terjadi infeksi ulang maka biasanya gejala yang ditimbulkan akan lebih ringan. IgG (+) menandakan adanya infeksi di masa lalu. IgM (+) menandakan infeksi saat ini. Jadi IgG (+) dan IgM (-) menandakan bahwa pasangan Anda pernah mengalami infeksi toksoplasma di masa lalu. Tapi kondisi pasangan Anda saat ini tidak sedang menderita Toksoplasma, hal ini ditandai melalui hasil IgM yang negatif.

Adanya IgG yang positif atau infeksi di masa lalu umumnya tidak membutuhkan pengobatan spesifik dan diperbolehkan untuk merencanakan kehamilan.  Namun sebaiknya pasangan anda terlebih dahulu berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan mengenai hasil pemeriksaan ini karena beliau yang paling mengerti mengenai kondisi kesehatan pasangan Anda saat ini.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar