Sukses

VSD, Harus Operasi?

14 Jan 2016, 14:40 WIB
Pria, 5 tahun.

Dok VSD 4-5mm apa perlu Di operasi? Dulu 8mm...anak aktif ga ada keluhan

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kelainan septum ventrikel (Ventricular Septal Defect-VSD) merupakan kelainan kongenital (bawaan) yang dapat terdeteksi baik di waktu dewasa maupun anak-anak. VSD disini berarti terdapat kebocoran di sekat antar ventrikel.

Karena adanya kebocoran tersebut, terdapat kebocoran darah yang kaya O2 (oksigen) dari ruangan pada sebelah kiri jantung ke ruangan pada bagian kanan jantung. Kemudian darah tersebut dipompa kembali masuk ke dalam paru-paru (padahal sebetulnya sudah di"segarkan" kembali dengan oksigen). Hal ini tentunya tidak efisien karena darah yang sudah mengandung oksigen menggeser darah yang sebetulnya masih perlu oksigen. Sebagian besar dari orang dengan kebocoran ini menunjukkan sedikit gejala. 

Untuk keputusan perlu atau tidaknya tindakan bedah / operasi dilakukan, merupakan atas saran dokter yang telah melakukan pemeriksaan kepada anak anda secara langsung. Kami tidak dapat memberikan saran lebih lanjut apalagi keputusan untuk operasi atau tidak. Untuk itu, sebaiknya anda berdiskusi lebih lanjut dengan dokter yang menangani anak anda sebelumnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar