Sukses

Pembesaran KGB Di Ketiak

14 Jan 2016, 14:48 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok, KGB di ketiak kiri saya mengalami pembesaran. Jika sedang sehat, hanya sebesar biji kacang, namun jika sedang drop pernah membesar dg diameter 2cm. Dokter saya menyarankan operasi, dan kini sedang menunggu jadwal. Namun selama menunggu, berat badan pernah turun 5kg selama 1 mgg pdhl tdk sedang diet. Apakah operasi harus disegerakan atau tidak? Terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih atas kesetiaan Anda dalam menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pembesaran KGB ini dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah limfadenopati. KGB sendiri adalah salah satu komponen pertahanan tubuh, yang akan membesar bila ada serangan kuman dari luar, misalnya akibat adanya proses infeksi dari organ-organ disekitarnya ataupun adanya infeksi sistemik dalam tubuh. Kebanyakan pembesaran kelenjar getah bening tidak berbahaya (jinak) dan hanya sebagian kecil pembesaran yang tidak dapat dijelaskan sebabnya merupakan keganasan (kanker). Pembesaran kelenjar getah bening ini dapat berbahaya bila dikuti dengan tanda-tanda keganasan seperti berat badan turun, benjolan bertambah besar dengan cepat, penyebaran kanker dari tempat lain, umur lebih dari 50 tahun dan adanya riwayat keganasan dalam keluarga.

Untuk keputusan operasi, sebaiknya anda diskusikan kembali dengan dokter yang menangani Anda sebelumnya, karena beliaulah yang lebih mengerti kondisi Anda, dan terapi apa yang Anda butuhkan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar