Sukses

Terkena Kutu Air

13 Jan 2016, 21:26 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok, saya sudah 2 tahun terkena kutu air di telapak kaki Penyebabnya kutu air ini kok tidak kunjung hilang apa ya dok? Padahal saya sudah mencoba berbagai merk salep tapi tetap saja ada kutu air. Saya juga tidak lagi menggunakan sepatu lembab. Dulu jika kutu airnya tergeser sandal ketika saya berjalan itu langsung kempes biasa, namun sejak minggu ini ketika tergeser sandal malah bernanah dan nyeri? Thx.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Keluhan di kulit telapak kaki dengan tampakan seperti kutu air dapat disebabkan oleh berbagai penyebab. Kemungkinan penyebab masih cukup banyak, dapat akibat dermatitis, infeksi jamur, atau infeksi lain.

  1. Dermatitis merupakan peradangan pada kulit yang dapat disebabkan karena faktor dari luar (bahan kimia,sinar matahari, dll) maupun dari dalam (makanan).
  2. Infeksi jamur pada kaki (tinea pedis)--> keluhan seperti gatal, merah, terasa seperti terbakar, terkadang ada luka seperti jerawat, atau luka menonjol, terjadi penebalan kulit. Pada jamur, penting untuk menjaga agar daerah gatal tidak lembab dengan membersihkan dengan bersih, mengeringkan.

Karena kemiripan jenis kelainan kulit maka diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter dengan wawancara medis mendetil dan pemeriksaan fisik langsung. Bila diperlukan, dokter juga akan melakukan pemeriksaan penunjang (laboratorium). Untuk itu jika keluhan dirasa mengganggu, kunjungilah dokter untuk diagnosis tepat dan penanganan medis yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar