Sukses

Perubahan Pola Menstruasi

13 Sep 2015, 10:33 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok,saya mau tanya.. saya bulan juni kemarin haid tgl 24 selama 5 hari itu pun keluarnya sedikit2 dok, terus di bulan juli ini saya halngan lagi di tanggal 13, padahal siklus haid saya 35 hari.. ada apa ya dok.? apakah ada penyakit gituu dok... mohon penjelasannya ya dok, terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Perbedaan datangnya masa haid pada wanita terjadi karena adanya perbedaan dari kadar hormon estrogen (hormon kelamin) yang diproduksi oleh masing-masing tubuh wanita.

Oleh karena siklus haid terjadi akibat pengaruh kerja hormon estrogen, maka jika produksi hormon estrogen kurang, maka siklus haid bisa makin lama. Demikian pula dengan sebaliknya, jika produksi hormon ini berlebih, maka siklus jadi makin cepat. Maka dari itu, tidak heran kalau siklus haid seorang wanita bisa berubah-ubah. Kondisi tubuh dan psikologis berperan penting dalam produksi dan kerja hormon estrogen, dan efeknya terhadap jadi lebih cepat atau lambatnya siklus haid bisa berbeda-beda untuk tiap individunya.

Saat ini cobalah untuk terlebih dahulu mengamati pola menstruasi anda 3 siklus kedepan. Apabila keluhan tersebut terus berlanjut, maka sebaiknya Anda segera memriksakan diri kepada dokter kandungan untuk mencari penyebab gangguan tersebut dengan tujuan agar Anda mendapatkan penanganan yang optimal.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar