Sukses

DIare & Muntah Pada Anak

14 Jul 2015, 09:48 WIB
Pria, 1 tahun.

Pagii dokter,,saya mau tanya. Anak saya sekarang berusia 1tahun 1bulan.sejak kemarin anak saya mencret hampir 10xan,,,awalny muntah+mencret sampai 2x,,saya kasih vometa drop skrg tidak muntah lg tapi msh mencret.skrg saya ksh lacto-b,,bru diminum 2x dok..mencretnya agak berkurang tidak sesering kemarin.kondisi anak saya dari awal msh ceria tidak tampak lesu atau lemas.menyusui asi msh aktif tapi tidak mau makan.rencana saya kalau msh mencret mau saya ksh oralit.saya gak mau bawa anak saya kerumah sakit takutnya dirawat padahal anak saya masih ceria dan masih mau minum,,,gimana dokter tlg bantu saya cari solusinya?trims

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah anak Anda mengalami demam?

Diare dan muntah-muntah pada anak memang biasanya paling sering disebabkan karena rotavirus yang mengeluarkan toxin sehingga menyebabkan diare dan juga muntah-muntah. Diare dan muntah-muntah terjadi juga sebagai salah satu mekanisme untuk pengeluaran toxin tersebut dari saluran pencernaan (usus). Dan  gejala-gejala ini akan membaik dengan sendirinya. Yang perlu diperhatikan selama diare dan muntah-muntah terjadi adalah menjaga agar tidak terjadinya kekurangan cairan dan elektrolit (dehidrasi). Bila anak masih dapat minum maka dapat diberikan cairan elektrolit, jika anak sudah lemas dan tidak dapat minum atau makan maka perlu dilakukan penambahan cairan dan elektrolit melalui infus. Saat ini Bapak perlu memperhatikan  bagaimana kebutuhan cairan dan elektrolit (pemberian air minum dan oralit) anak Anda terpenuhi. Jika anak tidak mau lagi minum atau makan sebaiknya dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan fisik lebih lanjut  agar tidak terjadi kekurangan cairan (dehidrasi) yang berbahaya bagi anak. 

 

Pastikan tanda-tanda dehidrasi, cegah perburukan dan bawa ke fasilitas kesehatan:
Tanda-tanda dehidrasi pada anak

  1. Tanpa dehidrasi: sadar, mau minum normal, kelopak mata normal, air mata banyak, mulut tidak kering, kulit tidak keriput. Urin normal. Berat badan turun<5%.
  2. Dehidrasi ringan-sedang : rewel, gelisah, tampak kehausan dan minum dengan cepat, kelopak mata cekung, air mata berkurang, mulut kering, kulit pucat, urin berkurang, berat badan turun 5-10% dari BB sebelumnya. 
  3. Dehidrasi berat : lemah, tidak sadar, tidak mau minum, kelopak mata sangat cekung, sangat kering, kulit pucat, berat badan turun>10%bb sebelumnya. Pada kasus ini diperlukan terapi rehidrasi (pengembalian cairan) dengan cairan intravena (infus) untuk itu segera dibawa ke fasilitas kesehatan.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar