Sukses

Bengkak Di Daerah Sekitar Kemaluan

13 Jan 2016, 17:10 WIB
Wanita, 0 tahun.

Dok, saya memiliki bengkak di daerah sekitar kemaluan, bengkak tersebut terasa sangat sakit dan perih. saya susah untuk berjalan, dan melakukan aktivitas lainnya, seperti duduk, berjongkok. Saya sudah meminum obat antibiotik, penghilang sakit, dan menurunkan bengkak, tapi tidak ada hasilnya, malahan lebih terasa sakit. Saya mengalami rasa sakit ini sejak tgl 9 yg lalu. Yang jadi pertanyaan saya, saya terkena penyakit apa? bagaimana cara mengobatinya? dan saya harus periksakan ke dokter apa?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Mengenai keluhan benjolan di selangkangan, sulit bagi kami untuk mendiagnosis sebuah benjolan tanpa melakukan pemeriksaan fisik. Karena kami membutuhkan informasi seperti letak tepatnya, besarnya benjolan, permukaannya, apakah sewarna kulit, apakah dapat digerakkan atau tidak, sudah berapa lama, apakah semakin membesar, dll. Informasi tersebut diperlukan karena sebuah benjolan dapat disebabkan oleh banyak hal.

Benjolan tersebut dapat berasal dari kelenjar sebasea yang sedang aktif. Selain itu ada juga beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada daerah bibir vagina. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:

  1. Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.
  2. Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina
  3. Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.
  4. Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.
  5. Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin

Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter kandungan dan kebidanan atau dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung. Penyakit kelamin akan lebih mudah didiagnosa apabila dilihat secara langsung. Terapi tentu akan disesuaikan dengan penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar