Sukses

Pantangan Makan Bagi Penderita Mioma dan sariawan

13 Jan 2016, 14:53 WIB
Wanita, 40 tahun.

Dok.saya mengidap miom 2cm dan sariawan walau tipis tapi mengkhawatirkan .TOlong dok apa obat dan pantangannya untuk kedua penyakit saya itu?trimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran anda dengan keluhan kondisi mioma yang ibu Anda alami.

Mioma uteri atau juga dikenal dengan leiomioma uteri atau fibroid adalah tumor jinak rahim yang paling sering didapatkan pada wanita. Leiomioma berasal dari sel otot polos rahim dan pada beberapa kasus berasal dari otot polos pembuluh darah rahim.

Secara umum tidak ditemukan makanan yang berkorelasi dengan pertumbuhan mioma. Jadi tidak ada makanan khusus untuk pencegahan mioma. Namun tentu tidak ada salahnya melakukan pola hidup sehat, karena hal ini dapat menjadi cara pencegahan berbagai penyakit lainnya di masa depan seperi sakit jantung dan stroke. Makanan sehat meliputi makanan kaya buah dan sayuran. Makanan rendah lemak dan juga tak lupa berolah raga.

Untuk menambah wawasan anda tentang myoma, kami lampirkan artikel untuk anda baca:

Mioma Uteri

Demikian juga dengan keluhan sariawan. Terdapat beberapa faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan, tidak hanya karena kekurangan vitamin atau terkait kebersihan mulut saja. Beberapa kondisi yang terkait timbulnya sariawan adalah stress, perubahan hormonal, infeksi virus dan bakteri, sensitifitas terhadap makanan, pemakaian obat-obatan tertentu, trauma lokal dalam mulut, faktor genetik, penyakit tertentu dan defisiensi hematinik.

Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7-14 hari. Hal yang utama dalam pengobatan sariawan adalah mengetahui faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan, serta melakukan koreksi yang diperlukan. Disertai dengan pencegahan terhadap infeksi sekunder dengan menjaga kebersihan rongga mulut dengan menyikat gigi, membersihkan karang gigi dan merawat gigi yang berlubang, serta konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral.

Berikut adalah artikel terkait pertanyaan Anda:

Semoga informasi ini membantu.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar