Sukses

Usia 18 Bulan, Sering Berganti Pasangan, Ingin Pap Smear

12 Jan 2016, 22:05 WIB
Wanita, 18 tahun.

Saya sering berganti pasangan, dan saya mulai kwatir, tulang kemaluan saya sering merasakan nyeri. Saya ingin pap smear atau vaksinisasi . Apa boleh untk seumuran saya pap smear?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

erima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Pap smear adalah skrining (pemeriksaan) untuk mendeteksi dini kanker leher rahim dan penanganan lebih awal serta adekuat. Dengan cara mengambil sampel dari dinding cervix (mulut rahim) dan dilihat dengan mikroskop. Klasifikasi hasil pap smear dibagi menjadi 5 kelas, yaitu :

  • Kelas 1 
    Normal. Tidak membutuhkan terapi
  • Kelas 2 
    Atipikal (dapat disebabkan karena peradangan atau infeksi). Disarankan untuk mengulangi lagi pemeriksaan pap smear atau kolposkopi dalam jangka waktu 3-6 bulan
  • Kelas 3
    Displasia atau pre-kanker, level rendah. Kolposkopi dibutuhkan untuk mendiagnosis penyebab
  • Kelas 4
    Displasia Level TInggi atau CIC (carcinoma in- situ; kanker tapi tidak invasif). Membutuhkan kolposkopi dengan biopsi kerucut
  • Kelas 5
    Kanker, invasif. Dibutuhkan kolposkopi dan terapi lanjutan

Umumnya pap smear direkomendasikan untuk dilakukan wanita beberapa tahun setelah melakukan hubungan seksual. Beberapa negara ada yang menganjurkan batasan umur 21 atau 25 tahun bagi wanita yang ingin melakukan pap smear. Pemeriksaan ini dapat diulang setiap tiga sampai lima tahun.

Di Indonesia pap smear tidak umum dilakukan sebagai pemeriksaan pra nikah, dengan asumsi wanita belum pernah melakukan hubungan seksual sebelum menikah. Demikian juga dalam kasus anda, walaupun sudah pernah berhubungan intim, namun belum menikah secara resmi, maka pemeriksaan papsmear umumnya tidak dapat dilakukan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar