Sukses

Berat badan Vs. Gangguan Haid

12 Jan 2016, 22:20 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok, Pada bulan Agustus 2014 bb saya diatas 50kg dgn tinggi badan 150, lalu saya memutuskan untuk melakukan diet dengan cara : 1. treadmill 15mnt disetiap pagi dan sore hari. 2. Mengurangi asupan makan(karbohidrat dan lemak) dan cemilan. Minum air putih yang banyak. 3. Berpuasa setiap senin dan kamis. Dengan cara diet yang spt itu saya dpt menurunkan bb dengan cepat. Namun, dr bln September 2014 haid di hari pertama saya hanya Flek sementara hari kedua mulai keluar darah haid yang banyak. Masalah itu berujung setiap bulannya sampai sekarang. Apakah itu wajar dok setelah saya melakukan diet? Haid saya masih teratur pada minggu awal setiap bulannya, namun untuk bulan Juni 2015 saya haid tanggal 2-9 Juni.. saat ini sudah tanggal 13 Juli tetapi saya belum mendapatkan haid. Apa yang terjadi dalam siklus haid saya apa ada kaitannya dengan masalah hormon yang berkurang pada saat melakukan diet? Apa yang harus saya lakukan? Apakah reproduksi saya sehat setelah melakukan diet seperti itu? Karena beberapa artikel menyebutkan jika kehilangan berat badan secara drastis dapat menyebabkan gangguan haid yang berujung pada masalah kesuburan wanita. Sebelumnya terimakasih atas bantuannya kpd saya dok..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Beberapa hal yang mempengaruhi kesuburan seorang perempuan adalah anatomi sistem reproduksi serta keseimbangan hormon. Haid pertama umumnya dimulai pada usia 9 - 16 tahun, namun pada beberapa orang, haid baru muncul pada usia 17 tahun.

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi usia pertama kali haid, seperti genetik (keturunan), gizi, serta aktivitas fisik. Aktivitas fisik yang berlebihan saat remaja, seperti pada atlet, akan memperlambat usia mulai haid. Para ahli percaya bahwa kaitan antara aktivitas fisik dan amenore tersebut berhubungan dengan jaringan lemak tubuh, karena lemak mempengaruhi estrogen. Remaja perempuan yang terlalu kurus karena malnutrisi atau diet juga bisa mengalami keterlambatan mulai haid sampai terdapat peningkatan berat badan.

Bagaimana siklus menstruasi Anda sebelumnya? Coba lakukan perhitungan siklus menstruasi selama 3 bulan terakhir. Lama siklus menstruasi dihitung dari hari pertama menstruasi sampai satu hari sebelum menstruasi berikutnya. Normalnya adalah antara 21 - 35 hari. Apabila gangguan haid anda telah melebihi 3 bulan, maka segera periksakan kepada dokter spesialis kandungan. Dan untuk mencari dokter ataupun Rumah Sakit di daerah Anda, Anda dapat menggunakan fitur CARI DOKTER dan CARI RUMAH SAKIT pada kolom direktori Kami.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar