Sukses

Operasi Amandel

09 Sep 2015, 20:38 WIB
Pria, 35 tahun.

Halo dok, Kisah awalnya begini dok. Pada awal bulan juli saya mengalami bengkak pada gigi dan gusi. Lalu ini mempengaruhi keadaan amandel saya menjadi meradang dan lalu diiringi dengan telinga saya yang berdenging terus. Saya putuskan untuk ke dokter THT krn menganggap sakit gigi ini akan hilang dengan sendirinya. Saya sudah dua kali ke dokter THT dan dibilang kalau telinga saya baik2 saja, begitupun gendang telinganya. Lalu saya diberi obat amandel dan radang. Alhamdulillah tenggorokan saya membaik sekarang. Tapi masalah telinga saya tak kunjung baik, bahkan skrg saya kalau bernafas seperti ada udara yang menekan telinga dan itu sangat tidak enak sekali. Saya putuskan kembali ke dokter THT dan katanya saya harus mengoperasi AMANDEL saya. saya ragu dengan keputusan dia itu, krn pentingnya amndel itu penting buat tubuh dan amandel saya tidak bengkak. Kalau untuk gigi saya, saya disarankan untuk operasi impaksi. Yang saya ingin tanyakan darimanakah sakit telinga saya ini berasa;? Dan apakah ketika sudah dijalani operasi amandel keadaan telinga saya akan membaik atau malah menjadi lebih buruk? Mohon pencerahannya Terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Kemungkinan masalah pada telinga Anda disebabkan tertutupnya tuba eustachius (saluran yang menghubungkan telinga tengah dan rongga tenggorkkan) karena tersumbat oleh inflamasi atau peradangan yang terjadi pada rongga tenggokkan Anda, dalam hal ini pada kasus Anda adalah Amandel.

Sehingga untuk mengatasinya maka perlu dilakukan prosedur bedah untuk pengangkatan Amandel. Amandel memang berfungsi sebagai salah satu sistem pertahan tubuh. Namun anda tidak perlu khawatir, karena amandel hanyalah satu bagian kecil dari sistem limfatik yang apabila diangkat maka peranannya dapat diambil alih oleh sistem limfatik lain dalam tubuh. Dan bukan berarti orang yang telah diangkat amandelnya akan mudah mengalami penyakit. Namun justru, pada individu yang sering berulang terkena radang amandel (tonsilitis) maka selama amandel tidak diangkat, akan rentan terhadap infeksi pada amandel itu sendiri. Untuk itulah dokter akan menyarankan untuk dilakuakn pengangkatan kedua amandel tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar