Sukses

Rhinitis Alergi dan Kolesterol Tinggi

12 Jan 2016, 21:24 WIB
Pria, 26 tahun.

Dear Dokter, Saya pria berumur 26 tahun, sudah 3 hari saya mengalami batuk disertai bersin-bersin yang sering terjadi dan dada saya sesak seperti ada yang mengganjal disaluran pernapasan saya, hidung juga tumpat. tadi malam saya check ke klinik dan setelah di tensi ternyata tensi saya normal namun terkadang saya juga suka pusing(oyong), pihak klinik mengatakan mungkin ada gangguan kolesterol, dan setelah di check ternyata kolestrol saya 211, sedangkan menurut pihak klinik angka normal untuk kolesterol adalah 150. mohon solusi nya.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Untuk keluhan sering bersin, hidung tersumbat dan rasa mengganjal di dada dapat mengarah kepada penyakit Alergi, lebih tepatnya rinitis Alergi.

Penyebab rinitis alergi paling sering di Indonesia adalah alergen (zat pencetus alergi) inhalan yaitu alergen yang masuk ke dalam tubuh dengan cara dihirup atau melalui saluran napas. Alergen yang paling sering ditemukan pada rinitis alergi di Indonesia atau negara tropis pada umumnya adalah tungau debu rumah, bulu binatang, dan kecoak. Alergen makanan sangat jarang menjadi pencetus rinitis alergi.

Penentuan alergen penyebab rinitis alergi dapat dilakukan melalui riwayat penyakit dan dapat didukung dengan tes alergi baik melalui darah atau pun tes kulit. Hal yang harus diperhatikan selain alergen adalah masalah polutan seperti asap rokok yang dapat merusak saluran napas. Polutan dapat memperberat penyakit alergi di saluran napas seperti asma dan rinitis alergi. 

Gejala dan tanda rinitis alergi:

  • -Rasa gatal di hidung dan mata

  • -Bersin berulang-ulang

  • -Cairan hidung (ingus) encer

  • -Hidung tersumbat

  • -Bernapas melalui mulut

Hidung tersumbat dapat terjadi secara bilateral, unilateral atau bergantian. Gejala bernapas melalui mulut sering terjadi pada malam hari yang dapat menimbulkan gejala tenggorokan kering, mengorok, gangguan tidur, serta gejala kelelahan pada siang hari. Gejala lain dapat berupa suara sengau, gangguan penciuman dan pengecapan, serta gejala sinusitis. Gejala kombinasi bersin, ingusan, serta hidung tersumbat adalah gejala yang paling dirasakan mengganggu dan menjengkelkan.

Rinitis Alergi Diklasifikasikan Berdasarkan Sebagai Berikut:

Berdasarkan persistensi:

  • Rinitis alergi intermiten, bila gejala berlangsung:

-kurang dari 4 hari/minggu

-atau kurang dari 4 minggu

  • Rinitis alergi persisten, bila gejala berlangsung:

-lebih dari 4 hari/minggu

-dan lebih dari 4 minggu

Berdasarkan derajat gangguan:

  1. Rinitis alergik ringan (tidur normal, aktivitas sehari-hari, saat olahraga dan santai normal, tidak ada keluhan yang mengganggu)

  2. Rinitis alergi sedang-berat (satu atau lebih gejala, tidur terganggu, aktivitas sehari-hari, saat olahraga dan santai terganggu, gangguan saat bekerja dan sekolah, ada keluhan yang mengganggu)

Untuk memastikannya, bawalah Anak Anda kepada dokter spesialis THT untuk diperiksa dan mencari solusi yang tepat. Apabila memang disebabkan oleh alergi maka dapat diberikan obat-obatan seperti golongan anti-histamine, atau bila terjadi penyumbatan hidung bisa diberikan dekongestan.

 

Untuk keluhan anda berikutnya, mengetahui kadar kolesterol Anda, Anda dapat melakukan tes laboratorium atau tes darah untuk mengetahui dengan pasti kadar kolesterol dalam darah Anda, baik kolesterl total, LDL, maupun HDL.

Berikut kami sertakan nilai-nilai kolesterol

1.    Total kolesterol  :
Nilai Normal < 200 mg/dl
Perbatasan tinggi 200 - 239 mg/dl
Tinggi > 240 mg/dl

2.    LDL kolesterol  :
Optimal < 100 mg/dl
Mendekati optimal 100 - 129 mg/dl
Perbatasan tinggi 130 - 159 mg/dl
Tinggi 160 - 189 mg/dl
Sangat tinggi > 190 mg/d

3.    HDL kolesterol  :
Rendah < 40 mg/dl
Tinggi   60 mg/dl

4.    Trigliserida :
Normal < 150 mg/dl
Perbatasan tinggi 150 -199 mg/dl
Tinggi 200 - 499 mg/dl
Sangat tinggi > 499 mg/dl

Berdasarkan data yang Anda paparkan, kadar kolesterol Anda berada pada batas tinggi yang sudahmelebihi kadar normal. Untuk itu Anda perlu memperbaiki pola makan Anda menjadi lebih sehat dan juga rutin berolah raga sebagai salah satu usaha untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi tersebut. Jika dengan modifikasi gaya hidup tidak dapat menurunkan kadar kolesterol  Anda, maka diperlukan obat-obatan untuk menurunkan kolesterol yang akan Anda dapat setelah memeriksakan diri ke dokter.

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi Anda :

Kunjungi juga Rubrik Kolesterol yang kami miliki untuk informasi lengkap seputar kolesterol.

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar