Sukses

Saluran Kencing Terletak Di Bagian Bawah Penis / Hipospadia

11 Jan 2016, 15:18 WIB
Pria, 45 tahun.

Dok, adakah kelainan yaitu saluran kencing terletak di bagian bawah penis? Apa tandanya dan bahayakah?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter 

Kelainan Letak lubang saluran kencing terletak di bagian bawah penis disebut dengan hipospadi.
Permasalahan yang timbul akibat lubang kencing tidak diujung adalah kesulitan berkemih dalam posisi berdiri seperti pria normal. Dan pada anak akan berkembang setelah pria menjadi Dewasa. Pria dewasa dengan hipospadia juga sulit memperoleh keturunan. Kesulitan membuahi akibat sperma yang normalnya dikeluarkan melalui saluran yang sama dengan air seni tidak akan dapat mencapai organ kelamin wanita. Penis bengkok yang sering menyertai hipospadia akan menambah kesulitan pada waktu berhubungan.

Hipospadia hanya bisa diperbaiki dengan operasi. Obat-obatan hormonal yang diberikan biasanya hanya untuk memperbesar ukuran penis sehingga memudahkan proses pembuatan saluran kencing tambahan dan disuntikkan beberapa bulan sebelumnya. Dokter spesialis urologi akan menganjurkan perbaikan jika diperkirakan akan terjadi kesulitan berkemih dalam posisi berdiri, penis bengkok atau tidak dapat mempunyai keturunan.

Sebaiknya Anda konsultasikan masalah tsb ke dokter spesialis bedah urologi atau spesialis bedah plastik untuk penatalaksanaan selanjutnya.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar