Sukses

Keluar Haid Selama 2 Minggu Setelah Suntik KB 3 Bulan

11 Jan 2016, 13:49 WIB
Wanita, 26 tahun.

ass...dr saya mau tny saya hbs melahirkan nifas saya lbh 70 hr itu jg saya sambil berobat agar darah a berhenti setelah berhenti saya bru suntik kb 3 bln 2 minggu setelah kb saya haid tapi udh 14 hari blm berhenti drah haid kluar a normal...kenapa bisa begitu??ini mlhirkn ank k 2 &sdh; prnh usg gx ada apa "...mksh

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Suntikan KB 3 bulan, berisikan hormon progestin yang disebeut depo medroksiprogesteron Asetat (Depoprovera). KB jenis ini merupakan salah satu metode KB yang sangat efektif untuk mencegah kehamilan jangka panjang.

Namun, seperti metode KB lainnya, tentunya metode suntik KB 3 bulan juga memiliki keterbatasan, salah satunya adalah gangguan haid. Yang sering ditemukan adalah siklus haid yang memanjang / memendek, perdarahan yang banyak / sedikit, perdarahan tidak teratur / perdarahan bercak (spotting), atau bahkan tidak haid sama sekali (amenore). Jenis gangguan haid yang terjadi berbeda-beda tergantung respon hormonal masing-masing klien.

Dalam kasus anda, perdarahan haid yang terjadi selama 14 hari dapat dicurigai sebagai efek samping dari penggunaan KB suntik 3 bulan tersebut.

Efek samping perdarahan ringan sering dijumpai, namun bukanlah masalah yang serius, dan umumnya tidak memerlukan pengobatan. Namun, bila yang anda alami perdarahan dalam jumlah banyak setiap harinya hingga menyebabkan komplikasi anemia (pucat, lemah, letih, lesu), maka sebaiknya anda memeriksakan diri kepada dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan terapi. Kemudian pertimbangkanlah untuk mengganti metode KB dengan metode lainnya. Diskusikan juga hal ini kepada dokter / bidan anda.

Kami sertakan artikel terkait metode KB;

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar