Sukses

Batuk Tidak Kunjung Sembuh

10 Jan 2016, 22:40 WIB
Wanita, 22 tahun.

Saya sudah batul2 kurang lebih 20 hari. namun tidak kunjung sembuh. batuk berdahak pertamanya, saya minum siladex karena biasa x sembih setelah minum itu. tp belum sembuh d sarankan minum bisolvon extra sama docter. tp gk sembuh jg. setelah itu saya periksa lg ke docter d kasih obt batuk dan obt radang batuk x sedikit berkurang namun dahak gk bisa keluar. sekarang tambah lg batuk x tapi sesekali dahak mau keluar namun dengan saya paksakan batuk yang keras baru keluar. gimana ini dok batuk nya gk sembuh2 terima kasih devi

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Jika batuk Anda sudah berlangsung lebih dari dua minggu dan tidak kunjung sembuh walaupun sudah diberikan terapi yang adekuat (oleh dokter), bisa jadi batuk tersebut disebabkan oleh tuberkulosis / TBC. Namun sebelumnya, harus dipastikan dulu diagnosis tersebut melalui pemeriksaan fisik, rontgen, dan dahak.

Tuberkulosis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman Mycobacterium tuberculosis yang bersifat sistemik, yang dapat bermanifestasi pada hampir semua organ tubuh dengan lokasi terbanyak di paru yang biasanya merupakan lokasi infeksi primer.

Terdapat beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan seseorang menderita Tuberkulosis, antara lain:

  • Penurunan daya tahan tubuh: Hal in dapat disebabkan oleh penyakit yang menurunkan daya tahan tubuh seperti HIV/AIDS, diabetes, atau pengobatan jangka lama dengan imunosupresan seperi kortikosteroid, pengobatan arthritis atau obat-obatan kemoterapi.
  • Kontak dengan orang lain yang terinfeksi Tuberkulosis (yang tidak diterapi), umumnya orang yang sehari-hari berada di sekitar Bapak seperti anggota keluarga, teman, tetangga, atau rekan kerja.
  • Konsumsi obat-obatan terlarang atau alkohol untuk jangka waktu yang lama (menurunkan daya tahan tubuh)
  • Kurang gizi (malnutrisi)
  • Merokok (mempengaruhi daya tahan paru)

Tuberkulosis dapat disembuhkan secara tuntas, dengan ketentuan faktor-faktor risiko yang disebutkan di atas dapat dihilangkan: penyakit yang menurunkan daya tahan tubuh ditatalaksana, berhenti merokok, konsumsi obat-obatan terlarang dan alkohol, termasuk menjaga daya tahan tubuh dengan makan makanan gizi seimbang dengan jumlah yang cukup, dan minum obat secara teratur sampai tuntas.

Konsultasikanlah kembali keluhan yang anda alami ini dengan dokter yang sebelumnya menangani kasus anda agar dapat dilakukan evaluasi lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar