Sukses

Sperma Keluar Diakhir Kencing

10 Jan 2016, 22:54 WIB
Pria, 23 tahun.

Assalamualaikum dok.. Saya mau tanya knpa setiap akhir buang air seni saya selalu di sertai air semacam sperma ? Normalkah dok Bgaimana cara mengatasinya dok ? Dan penyebabnya apa ? Terima kasih..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Pertama perlu terlebih dahulu dipastikan apakah cairan yang keluar setelah Anda BAK adalah sperma atau cairan lain, misalnya nanah. Untuk memastikan apa yang menjadi penyebab keluarnya cairan dari penis Anda diperlukan data tambahan dan juga pemeriksaan langsung. Perhatikan apakah ada nyeri saat Anda berkemih, apakah ada keluhan lain seperti rasa panas atau dorongan untuk sering berkemih?

Cairan yang keluar dari penis dapat terjadi secara normal (fisiologis) atau tidak normal (patologis). Secara fisiologis, pengeluaran cairan terjadi saat laki-laki terangsang secara seksual. Cairan ini bersifat pelumas sebelum ejakulasi. Selain itu, pada pria yang belum disunat, dapat terjadi penumpukan smegma di kulup (frenulum) penis dan bergabung dengan cairan pelumas ini, sehingga dapat terlihat bercak putih.

Secara patologis, cairan keluar saat tidak ada rangsangan seksual. Cairan dapat bersifat putih kehijauan atau bening. Keluarnya cairan yang patologis dapat disebabkan oleh infeksi menular seksual ataupun infeksi saluran kemih. Biasanya selain keluhan keluarnya cairan dari kemaluan juga disertai dengan keluhan nyeri saat berkemih, perasaan tidak tuntas saat berkemih, sering berkemih/anyang-anyangan, dan lain sebagainnya.

Meskipun jarang, kebiasaan onani atau masturbasi dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih. Tangan yang tidak bersih yang digunakan saat onani dapat memicu terjadinya infeksi pada alat kelamin dan saluran kencing. 

Untuk memastikan diagnosis dari keluhan yang Anda rasakan kami anjurkan Anda memeriksakan diri ke dokter sehingga mendapat penanganan yang sesuai

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar