Sukses

Bleaching Gigi

18 Sep 2015, 15:09 WIB
Pria, 21 tahun.

dok gigi saya kuning dan saya ingin melakukan bleaching gigi , saya punya beberapa pertanyaan. 1. apakah bleaching gigi bisa memutihkan gigi secara maksimal? 2. apakah setelah bleaching ada efek samping nya?? 3. apakah setelah bleaching saya jadi banyak pantangan makan??

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Metode bleaching diindikasikan untuk memutihkan gigi yang mengalami perubahan warna akibat makanan, kebiasaan merokok dan hal lainnya. Namun tidak semua perubahan warna yang terjadi pada gigi dapat diputihkan dengan dental bleaching, contohnya seperti pada perubahan warna akibat obat antibiotik jenis tetrasiklin. Pada gigi yang sensitif sebaiknya tidak dilakukan prosedur ini tapi akan lebih baik lagi jika keadaan gigi Anda diperiksa secara langsung oleh dokter gigi sehingga dapat diputuskan apakah aman dilakukan bleaching atau tidak.

Memutihkan gigi sebaiknya dilakukan setelah berkonsultasi dahulu ke dokter gigi. Memang ada bahan-bahan pemutih gigi yang beredar di pasaran dan dapat dibeli secara bebas tanpa resep dokter, namun konsumen sebaiknya terlebih dahulu mendapatkan informasi secara lengkap mengenai indikasi dan macam bahan pemutih gigi serta efek samping yang mungkin akan dialami pasien.

Efek samping yang paling sering terjadi setelah perawatan bleaching adalah sensitivitas gigi dan iritasi pada jaringan lunak seperti gusi. Hidrogen peroksida yang merupakan kandungan dalam bahan pemutih gigi dapat berpentrasi ke ruang pulpa melalui email dan dentin, dan menyebabkan rasa ngilu. Oleh karena itu dianjurkan untuk dilakukan aplikasi fluor paska perawatan bleaching untuk mengurangi rasa ngilu.

Hasil dari perawatan bleaching bersifat sementara. Gigi mungkin kembali kuning, meski lamanya ketahanan efek dari perawatan ini masih diperdebatkan. Pola makan dan minum serta penjagaan kebersihan mulut sangat mempengaruhi efek jangka panjang dari perawatan bleaching. Setelah beberapa lama, perawatan bleaching dapat kembali dilakukan.

Berikut artikel terkait yang dapat Anda baca.

bleaching

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

1 Komentar

  • Ind******nah

    Nice Info :) Btw aku salah satu pasien yang sudah pernah Bleaching . Aku melakukan teeth whitening di The Clinic Beautylosophy. Bahan2 yg digunakan juga sangat aman. Dokternya pun sangat ramah dan tempatnya pun nyaman sekali… So sekarang aku sudah gak malu unjuk gigi aku hehe So Happy!!!