Sukses

Mengatasi Skin Tag

01 Aug 2015, 22:59 WIB
Wanita, 23 tahun.

Siang Dokter saya mw tanya. Saya dulu adalah pribadi yg tidak menyukai sayur dan buah dan jarang minum. Dr kecil itu saya lakukan, saya juga senang pedes dan kecut. Ketika umur 19 tahun sy menyadari ada sesuatu di anus saya. Saya periksa ke Dokter Bedah kata Beliau itu adalah skin tag, katanya sih tidak apa2 yg penting banyak sayur, buah dan air putih. Ketika umur 21 tahun saya pernah mengeden BAB lalu perih sekali, sejak saat itu sampai sekarang (23 th) skin tag tsb menjadi lebih besar dan membuat tidak nyaman. Apalagi ketika nanti saya sudah menikah, skin tag ini sudah pasti menurunkan kepercayaan diri saya di depan suami saya nantinya. Saya sudah merubah pola hidup saya, sudah banyak minum sehari bisa 2 L, perbanyak sayur dan buah. Saya berusaha melakukan yg semampu saya. Menurut dokter apa yg harus saya lakukan? Saya masih tkut untuk operasi. Pengobatan apa selain operasi? Atau apa tindakan yg dpt mengurangi skin tag ini? Terimakasih banyak ya dokter *) kalo bisa identitas saya dirahasiakan ya Dok, trmks

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Anal skin tags adalah lebihan kulit yang biasa terdapat di sekitar lubang dubur dan dianya tidak berbahaya malah sering disalah anggap sebagai warts atau kutil kelamin ataupun wasir. Anal skin tags juga di kenal sebagai hypertrophied papillae ataupun fibro epithelial polyps. Skin tags perlu di periksa oleh dokter untuk memastikan ianya betul-betul tidak berbahaya dan bukan sejenis kanker.

Walaupun skin tag ini tidak berbahaya tetapi ia bisa mendatangkan masalah dalam menentukan kebersihan selepas BAB. Skin tag dapat menyebabkan kelembapan ataupun melekatnya sisa feses dan akhirnya dapat menyebabkan iritasi dan infeksi. Iritasi skin tag juga dapat terjadi akibat dari pergesekan saat pencucian dengan toilet paper ataupun tergeser dengan pakaian dan pergerakan saat duduk.

Kadang-kadang skin tag adalah bagian dari ekstensi / pelebaran anal fissure dan di kenali juga sebagai Sentinel Pile, yang amat menyakitkan apabila tersentuh.

Sayangnya belum ada cara selain operasi untuk benar-benar mengatasi kelainan ini. Skin tag dapat di buang dengan Cryo therapy atau bedah beku atau cara bedah konvensional. Untuk itu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter bedah untuk meyakinkan keluhan Anda benar adalah skin tag dan bagaimana prosedur penanganan yang tepat pada kondisi Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar