Sukses

Menikah 7 Bulan, belum Punya Anak

05 Jan 2016, 20:54 WIB
Wanita, 32 tahun.

dok, saya mau nany.. sy sdh menikah lbh krg 7 bln.. tetapi sy dgn suami saya blm perna berhubungan.. kira2 penyebabnya apa y dok.. trus kl mau konsultasi k dokter mana.. thx sebelumny..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Menurut penelitian, sedikitnya hanya sekitar 85% pasangan suami istri yang akan hamil dalam satu tahun pertama pernikahan dan 92% pada tahun kedua pernikahan. Seseorang baru dapat dikatakan memiliki masalah infertilitas primer (gangguan kesuburan) apabila telah memenuhi kriteria berikut, yaitu: belum memiliki keturunan setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2-3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi. 

Apabila telah memenuhi kriteria infertilitas primer di atas, baru akan dianjurkan evaluasi lebih lanjut untuk mencari penyebabnya, baik dari pihak suami maupun istri. Seringkali diperlukan pemeriksaan USG rahim, juga terdapat pemeriksaan lain seperti HSG ataupun kadar hormon. Namun tentunya pemeriksaan hormon tersebut dilakukan jika diperlukan dan jika dicurigai adanya kelainan yang mengarah kesana. Selain Anda, suami Anda juga akan menjalani beberapa pemeriksaan seperti anatomi organ reproduksi dan analisis sperma. Pemeriksaan analisis sperma dapat menjadi acuan informasi mengenai kesehatan sperma.

Karena usia pernikahan Anda belum mencapai usia 1 tahun, maka segala pemeriksaan tersebut belum dibutuhkan. Saat ini yang dapat Anda lakukan adalah melakukan hubungan intim tanpa kontrasepsi saat masa subur Anda. Selain itu Anda dan suami juga sebaiknya mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat cukup (7-8 jam sehari), dan berolahraga teratur (3 kali seminggu).

Perlu juga diperhatikan:

  • Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami).

  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas, Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.

  • Ketahui masa subur Anda, dan lakukan hubungan intim 3x/minggu dengan posisi misionaris (pria di atas).

Berikut adalah artikel Kami yang dapat Anda akses terkait dengan persiapan anda  untuk mendapatkan keturunan: Merencanakan Kehamilan dan Tips Mempercepat Kehamilan. Anda juga dapat mengunjungi Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki untuk panduan lengkap mempersiapkan kehamilan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar