Sukses

Bengkak Pada Belakang Telinga Sampai Pipi

03 Jan 2016, 21:08 WIB
Wanita, 39 tahun.

hari ini tiap sy mengunyah belakang telinga sampai pipi samping (dpn tenlinga) bengkak,tidak sakit tapi agak kaku spt tegang/salah urat,bbrp lama kemudian akan mengecil spt semula,tp tiap makan berulang lagi.2 hr sblmnya sy sempat mrs pusing2 apa ada hubungannya dan knp spt itu?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah terdapat keluhan demam? Jika ya, Demam disertai adanya pembekakan pada pipi bawah hingga belakang telinga mengarah pada diagnosa gondongan atau parotitis. Namun kondisi ini harus dipastikan melalui pemeriksaan oleh dokter.

Gondongan (Mumps, Parotitis Epidemika) adalah suatu infeksi virus menular yang menyebabkan pembengkakan unilateral (satu sisi) atau bilateral (kedua sisi) pada kelenjar liur disertai nyeri. Mumps disebabkan oleh paramyxovirus. Virus ini ditularkan melalui percikan ludah yang berasal dari bersin atau batuk penderita atau karena bersentuhan langsung dengan benda-benda yang terkontaminasi oleh ludah penderita.

Gondongan yang sering dikatakan karena kekurangan iodium hanyalah dialami oleh daerah yang sangat kekurangan iodium. Gondongan lebih banyak disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Gejala yang didapatkan adalah :

  • Nyeri pada salah satu atau kedua kelenjar liur, disertai bengkak (di rahang) yang dapat menjalar ke belakang telinga dan leher
  • Demam ringan, nyeri pada otot leher dan rasa lemas, sakit kepala
  • Gangguan menelan/mengunyah, merasa tidak enak badan
  • Puncak bengkak pada 1-3 hari, dan berakhir pada 3-7 hari
  • Nyeri pada telinga
  • Posisi daun telinga meningkat

Parotitis ini akan sembuh sendiri dalam jangka waktu 3-7 hari. Namun sebaiknya anda tetap melakukan pemeriksaan, karena apa yang kami sampaikan hanya merupakan dugaan. Untuk memastikannya kami anjurkan anda memeriksakan diri kepada dokter terdekar untuk mendapatkan penangaanan yang optimal.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar