Sukses

Kaku Saat Buka Mulut Lebar

10 Jul 2015, 09:55 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok. saya terkadang merasa kaku saat membuka mulut lebar atau ketika saya sedang mengunyah. Kadang juga disertai bunyi "grek" di dekat telinga. Rahang saya trasa Sangat kaku dan itu membuat saya tidak nyaman. kira2 kenapa ya dok? saya harus diperiksa kedokter spesialis apa?

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami turut prihatin atas kondisi yang Anda alami dan memahami kekhawatiran Anda. Berdasarkan penjelasan Anda  keadaan ini dapat diarahkan pada gangguan sendi rahang. Kelainan pada sendi rahang (TMD/Temporomandibular Disorder) memang merupakan penyakit yang kompleks, di mana penyebab/pemicunya cukup bervariasi. Pertama-tama perlu diidentifikasi dulu apakah ada faktor intra oral atau faktor yang berasal dari dalam mulut Anda yang menjadi penyebab dari TMD, misalnya oklusi/penutupan gigi atas dan bawah yang tidak normal, atau ada gigi yang kontak prematur dengan gigi lawan, gigi yang kontaknya dengan gigi lawan lebih berat dibandingkan gigi yang lain, atau ada gigi tiruan yang menyebabkan peninggian gigit.

Bila sudah dapat dipastikan bahwa tidak ada faktor intraoral yang berperan dalam timbulnya kelainan yang Anda derita, selanjutnya yang perlu dicurigai adalah faktor ekstraoral dan faktor-faktor tersebut cukup banyak. Apakah "jalur" penutupan sendi rahang Anda ada masalah, atau anatomi sendi rahang memang tidak simetris, lalu bagaimana pergerakan kepala sendi rahang di dalam fossa, apakah terdapat kelainan otot-otot pengunyahan. Mekanisme pergerakan sendi rahang bawah terhadap rahang atas memang kompleks. 

Kelainan sendi rahang cukup berbahaya bila dibiarkan karena rasa sakit dapat menjadi lebih berat, dan sendi rahang dapat menjadi rusak, bergeser, atau diskusnya yang rusak. Oleh karena itu Kami sarankan Anda segera berkonsultasi ke dokter gigi spesialis prosthodontik untuk mendapatkan perawatan. Bila ditangani secara dini, sendi rahang Anda dapat kembali seperti semula. Perawatan yang akan diberikan sangat bergantung kepada kasus.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar