Sukses

Pasca Operasi Fraktur Tulang

03 Jan 2016, 20:45 WIB
Pria, 18 tahun.

Maaf dok,kemarin saya habis operasi fraktur tulang di pergelangan tangan dan pangkal ibu jari,setelah operasi ternyata masih ada sisa sedikit sisa kawat menonjol keluar,apakah itu wajar? Jika wajar apakah sisa kawat akan lepas dengan sendirinya?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Adanya keluhan pasca dilakukan Operasi Fraktur Tulang akan lebih tepat jika anda diskusikan dengan dokter bedah yang menangani anda pada saat anda melakukan peemeriksaan kontrol nanti. Demikian juga untuk mengetahui perlu atau tidaknya dilakukan pelepasan kawat yang ditanam untuk menyambung tulang yang patah tersebut.

Sedangkan untuk proses penyembuhan tulang dapat dibantu dengan asupan nutrisi yang tepat dengan makanan bergizi secara seimbang yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral yang cukup untuk membentuk kembali jaringan yang rusak. Penambahan suplemen kalsium, vitamin D dan vitamin C secukupnya juga diperlukan. Kalsium berperan dalam pembentukan tulang, vitamin D membantu penyerapan kalsium secara maksimal, sedangkan Vitamin C membantu produksi kolagen yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan tulang. Selain itu, sebaiknya hindari aktifitas atau gerakan yang memberikan beban terhadap tulang yang patah. Lakukan latihan atau rehabilitasi untuk menambah kekuatan otot dan mempercepat penyembuhan. Mengenai jenis latihannya,  Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis rehabilitasi medik.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar