Sukses

Gigi taring tetap Belum Erupsi

03 Jan 2016, 20:55 WIB
Pria, 29 tahun.

Salam sehat dok... Gigi taring saya belum ganti sampai usia skrg 29 thn Kondisi nya goyang mulai usia 21, shingga tidak saya cabut, krn khawatir tdk ada penggantinya di usia 21 Stelah rontgen pd usia 26 thn, ternyata ada bakal gigi didalam gigi susu ini Apabila gigi susu dicabut, apa bakal gigi itu bisa tumbuh mjadi gigi taring permanen mggantikan gigi susu? Trimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih anda telah menggunakan layanan e - konsultasi

Kami memahami kekhawatiran Anda. Gigi taring tetap rahang atas yang belum erupsi (keluar) di usia 16 tahun, dan tidak adanya kegoyangan pada gigi taring susunya, dapat menjadi suatu pertanda bahwa posisi gigi tersebut kemungkinan berada dalam posisi yang tidak memungkinkannya untuk tumbuh ke dalam rongga mulut.

Diperlukan pemeriksaan radiografi untuk memastikan di manakah posisi gigi taring tersebut. Terkadang gigi taring berada pada sinus maksilaris, sehingga tidak mungkin tumbuh ke dalam rongga mulut, dan mengharuskan dilakukannya pengambilan gigi taring yang impaksi tersebut untuk mencegah timbulnya gejala sinusitis. Bila gigi tersebut memiliki posisi yang miring namun masih berada dalam lengkung rahang, maka terkadang diperlukan pencabutan gigi taring susu yang kemudian diikuti dengan penarikan gigi taring tetap tersebut ke posisi yang seharusnya dengan alat bantu orthodonti.

Dari hasil rontgen yang telah anda lakukan, bagaimana arah pertumbuhan bakal gigi anda tsb?

Untuk memastikan kondisi gigi anda, sebaiknya tetap anda periksakan kepada dokter gigi kepercayaan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar