Sukses

Apakah Perlu Dilakukan LASIK ?

27 Nov 2015, 20:35 WIB
Wanita, 44 tahun.

Mata saya minus sejak th 1986, sekarang minus 2.25 dan plus 1.25. Apakah perlu dilakukan LASIK ? Dan berapa biayanya ? Terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

LASIK yang merupakan singkatan dari Laser In-Situ Keratomileusis merupakan salah satu dari Bedah Refraktif mata yang mampu memperbaiki tajam penglihatan melalui prosedur yang secara permanen mengubah bentuk dari kornea (selaput bening yang meliputi mata bagian depan) menggunakan laser dingin sehingga banyak orang bebas dari kacamata atau lensa kontak. Dengan teknologi LASIK ini maka gangguan miopia (rabun jauh), hipermetropia (rabun dekat), dan astigmatism (silinder) dapat dikoreksi. Di Indonesia, LASIK baru mulai dikenal sejak tahun 1993, di mana awalnya masih menggunakan pisau bedah untuk membuat flap kornea. Biaya LASIK di Indonesia berkisar antara 8-21 juta untuk 1 mata.

Untuk menentukan dapat atau tidaknya dilakuakn tindakan LASIK pada mata Anda maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung terhadap kondisi organ mata Anda.

Pemeriksaan meliputi ketajaman penglihatan, luas lapang pandang, pemeriksaan menyeluruh semua bagian bola mata, pengukuran ukuran pupil, serta tekanan bola mata. Apabila pada pemeriksaan ini Anda memenuhi semua persyaratan, maka dilakukan pemeriksaan lanjutan berupa pemeriksaan ketebalan dan kelengkungan kornea dengan alat Corneal Topography, serta Wavefront Analyzer untuk mengukur ketidakteraturan cahaya (abrasi) yang masuk melalui kornea mata.

Untuk itu, lakukanlah kunjungan pada instalasi medis yang menyediakan prosedur ini, sehingga Anda dapat berdiskusi langsung dengan dokter Anda mengenai terapi yang tepat untk Anda jalani.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar