Sukses

Benjolan Di Ketiak dan Paha

27 Nov 2015, 19:13 WIB
Wanita, 25 tahun.

Asalamualaikum dok, Saya ingin berkonsultasi mengenai benjolan yg tumbuh di ketiak & paha saya. Ada 2 benjolan di ketiak saya, awalnya tidak ada tp ketika saya mencukur ketiak lalu terluka akibat alat cukur muncullah benjolan2 tsb, ditempat yg luka. Kemudian benjolan yg ada di paha terjadi krn saya sering menggaruk bentol akibat gigitan semut. Benjolan2 pada ketiak & paha saya ukurannya 0.5-1cm tidak besar, layaknya keloid. Namun apakah ini termasuk keloid? Dan bagaimana caranya agar hilang secara permanen? Jila benar ini keloid saya tidak mau melakukan operasi sbb bisa berisiko munculnya keloid baru/ justru keloid makin membesar. Saya mohon saran dokter sebab benjolan2 ini mbuat saya kurang pd. Terimakasih banyak sebelumnya dok.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Bintik merah yang timbul setelah mencukur bisa jadi merupakan Pseudofolliculitis, yang berupa iritasi pada folikel rambut yang tercukur. Hal ini dapat terjadi karena sisa folikel rambut di bawah kulit "masuk/tumbuh" di bawah kulit, dimana kemudian terjadi proses peradangan. 

Untuk mencegahnya, Anda dapat menerapkan hal berikut:

  • Sebelum mencukur, lembabkan kulit anda dengan air dan sabun yang lembut (seperti sabun bayi) agar pori-pori terbuka
  • Gunakan gel khusus untuk mencukur
  • Cukurlah bulu searah dengan arah tumbuh nya bulu. Hindari meregangkan kulit ketika mencukur. Setelahnya, basuh kulit dengan air dingin
  • Anda juga bisa menggunakan alat cukur elektrik jika nyaman digunakan
  • Setelah bercukur, gunakan pelembab pada kulit tersebut

Pastikan kebersihan alat-alat yang digunakan untuk mencukur/ menggunting rambut kemaluan (paling baik pisau cukur sekali pakai), berhati-hati dalam melakukan proses pencukuran, bersihkan rambut dengan sabun selesai mencukur, serta gunakan antiseptik/ krim antibiotik bila terdapat luka. Pada kasus yang berat, mungkin dibutuhkan pengobatan dengan krim antibiotik atau hidrokortison atas resep dokter. 

Namun tentunya agar penyebab yang tepat dapat diketahui, kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter agar dapat diberikan terapi yang optimal. Demikian juga dengan benjolan pada paha anda, karena sejatinya untuk mendiagnosa benjolan perlu dilakukan pengamatan secara langsung.

Berikut kami sertakan artikel untuk melengkapi informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar