Sukses

Sindroma Mata Lelah

01 Jan 2016, 23:03 WIB
Pria, 20 tahun.

Permisi dok saya mengeluh -Mata pegal/tegang -pusing -sulit fokus -silau terhadap cahaya -bahkan pundak saya terasa berat dan kaku saya sehari bermain gadget +6jam , apa ada hubungannya ? Mohon balasan dokter

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Gejala yang Anda utarakan dapat merupakan tanda dari sindroma mata lelah. Kondisi ini biasanya ditandai dengan keluhan mata kering / berair, pandangan kabur / ganda, sensitif terhadap cahaya, gangguan konsentrasi, dan nyeri pada leher / bahu / punggung.

Kondisi ini dapat timbul karena pada saat menatap layar komputer, HP, gadget atau membaca dalam waktu lama mata cenderung untuk tidak berkedip. Normalnya, mata biasanya berkedip hingga 18 x per menit.

Jangan lupa untuk mengalihkan pandangan selama minimal 5 menit setiap 2 jam paparan Anda di depan layar komputer atau membaca buku untuk menghindari mata lelah. Memngalihkan pandangan dimaksudkan untuk mengistirahatkan mata anda sehingga mata dan otot-otot mata tidak terlalu lelah dalam bekerja untuk melihat dekat.

Anda juga dapat meningkatkan konsumsi vitamin B komplek untuk membantu memberikan nutrisi pada saraf mata. Apabila keluhan berlanjut, silahkan periksakan mata Anda ke Dokter Spesialis Mata.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar