Sukses

Nafas Bayi Bunyi 'Grok-grok'
01 Jan 2016, 22:44 WIB
Wanita, 26 tahun.

Selamat sore dok, anak sy usia hmpir 2 bln, nafasnya bunyi "nggrok2" dan srg kembung. Sdh sy jemur n sedot jg tp tdk ada cairan yg keluar. Apa bs dikatakan dia alergi susu sapi? Krna slma ini dia mnm susu formula akibat susah minum asi.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Bunyi "grok" yang berasal dari saluran nafas bayi dapat menunjukkan adanya cairan atau lendir pada paru-pari bayi. Paru-paru memang juga menghasilkan lendir. Bunyi muncul karena produksi lendir meningkat padahal belum bisa mengeluarkannya sendiri, karena refleks batuknya belum bekerja dengan baik.

Produksi lendir meningkat pada umumnya dialami oleh bayi yang memiliki bakat alergi dimana produksi meningkat karena terpapar oleh alergen. Penyebab lain adalah bayi mengalami infeksi virus influenza. Namun, sebetulnya jika napas yang berbunyi tersebut tidak disertai tanda infeksi seperti demam, tidak mengganggu aktivitas bayi sehari-hari, dan tidak menganggu proses menyusui, keadaan ini tidak perlu dikhawatirkan. Ibu dapat mencoba memiringkan posisi tubuh anak ke kanan untuk mengurangi bunyi yang ada.

Terdapat kemungkinan bunyi "grok" tersebut merupakan reaksi dari alergi susu formula yang mengandung protein sapi, jika memang anak anda diberikan susu formula. Untuk memastikannya, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak.

Kemungkinan yang lain dari adanya bunyi "grok" adalah adanya kelemahan pada trakea yang merupakan saluran pernafasan. Namun, seiring dengan pertambahan usia bayi Anda maka trakea akan menguat dan bunyi "grok" akan menghilang.

Bagaimana dengan bayi Anda apakah ada keluhan demam, frekuensi nafas cepat, tampak sesak, batuk, pilek? Untuk memastikan penyebabnya sebaiknya periksakan ke dokter spesialis Anak. Jika ada infeksi maka harus segera ditangani. 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar