Sukses

Menstruasi Seminggu Sekali

01 Jan 2016, 22:16 WIB
Wanita, 25 tahun.

dokter pada bln mei saya bisa mens seminggu sekali sebelumnya saya nifas sampe 3 bln,setelah itu saya ke puskesmas dikasih obat,sejak awal juni hingga sekarang saya tidak mens dokter,kenapa ya,saya busui

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Siklus menstruasi normal berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Siklus menstruasi yang tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  • pada 3-5 tahun pertama setelah menstruasi pertama
  • perempuan dengan gangguan makan (seperti anoreksia nervosa, bulimia)
  • perempuan dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • stres psikologis
  • atlit
  • kekurangan vitamin K
  • penggunaan obat-obatan tertentu
  • kelainan pembekuan darah
  • gangguan hormon tiroid, dsb

Periode menstruasi tidak teratur, dimana bisa lebih dari satu kali tiap bulan disebut metrorhagia. Penyebabnya sangat bervariasi, mulai dari penyebab organik, endokrinologik (hormonal), anatomik, hingga tindakan medis tertentu.

Kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengevaluasi berbagai kemungkinan penyebabnya agar dapat dilakukan tatalaksana secara optimal. Perlu dilakukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan USG untuk mengetahui masalah yang Anda alami. Pemeriksaan USG dapat membantu untuk mengetahui apakah terdapat masalah seperti mioma yang dapat menjadi salah satu penyebab perdarahan di luar siklus haid atau apakah keluhan Anda hanya disebabkan karena adanya ketidakseimbangan hormonal. Setelah mengetahui penyebabnya maka dapat ditentukan segera penanganannya. 

Kami sertakan juga artikel "Gimana Sih, Siklus Menstruasi yang Normal?" untuk tambahan informasi Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi Rubrik Kesehatan Kewanitaan yang kami miliki untuk panduan informasi lengkap Anda seputar kesehatan kewanitaan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar