Sukses

Benjolan Di Dekat Lubang Anus

01 Jan 2016, 21:27 WIB
Pria, 20 tahun.

Siang dok. Saya mau nanya, dulu di dekat lubang anus saya terdapat benjolan, bila di tekan tidak sakit. Sekarang sudah tidak ada lagi benjolan tsb. Apa dampaknya? Tolong penjelasannya.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Adanya banyak kemungkinan benjolan disekitar lubang anus. Jika Anda pernah mengeluhkan BAB berdarah, maka kemungkinannya adalah wasir. Namun jika benjolan tersebut tidak berdarah, tidak nyeri, dan ukurannya tidak membesar, maka ada kemungkinan adalah Anal skin tags, yang akan sedikit kami bahas berikutnya.

Anal skin tags adalah lebihan kulit yang biasa terdapat di sekitar lubang dubur dan dianya tidak berbahaya malah sering disalah anggap sebagai warts atau kutil kelamin ataupun wasir. Anal skin tags juga di kenal sebagai hypertrophied papillae ataupun fibro epithelial polyps. Skin tags perlu di periksa oleh dokter untuk memastikan ianya betul-betul tidak berbahaya dan bukan sejenis kanker.

Walaupun skin tag ini tidak berbahaya tetapi ia bisa mendatangkan masalah dalam menentukan kebersihan selepas BAB. Skin tag dapat menyebabkan kelembapan ataupun melekatnya sisa feses dan akhirnya dapat menyebabkan iritasi dan infeksi. Iritasi skin tag juga dapat terjadi akibat dari pergesekan saat pencucian dengan toilet paper ataupun tergeser dengan pakaian dan pergerakan saat duduk.

Kadang-kadang skin tag adalah bagian dari ekstensi / pelebaran anal fissure dan di kenali juga sebagai Sentinel Pile, yang amat menyakitkan apabila tersentuh.

Skin tag dapat di buang dengan Cryo therapy atau bedah beku atau cara bedah konvensional. Untuk itu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter bedah untuk meyakinkan apa penyebab keluhan Anda dan bagaimana prosedur penanganan yang tepat pada kondisi Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar