Sukses

Cara Mengatasi Mual Dan Muntah Saat Hamil Muda
01 Jan 2016, 21:31 WIB
Wanita, 27 tahun.

Siang Dokter, saya ingin menanyakan soal mual dan muntah saat trisemester 1. Saat ini saya sedang hamil usia 12 minggu. Sekarang saya ikut berpuasa..selesai sahur saya lanjutkan tidur lagi, bangun tidur saya selalu mual dan akhirnya muntah. kadang hanya air saja yang keluar, tapi sering kali yang keluar yang saya makan sahur tadi. yang saya tanyakan, bagaimana cara mengatasi mual dan muntah saat hamil muda dan berpusa? apakah jika saya teruskan berpuasa akan berdampak buruk terhadap saya dan janin? terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Mual dan muntah merupakan gejala yang wajar ditemukan pada kehamilan triwulan pertama. Biasanya mual dan muntah terjadi pada pagi hari, sehingga sering dikenal dengan morning sickness. Dari setengah  wanita hamil mengalami morning sickness, 1,5 – 2 % mengalami hiperemesis gravidarum, suatu kondisi yang lebih serius.

Hiperemesis gravidarum (HG) sendiri adalah mual dan muntah hebat dalam masa kehamilan yang dapat menyebabkan kekurangan cairan, penurunan berat badan, atau gangguan elektrolit sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari dan membahayakan janin di dalam kandungan. Pada umumnya HG terjadi pada minggu ke 6 - 12 masa kehamilan, yang dapat berlanjut sampai minggu  ke 16 – 20 masa kehamilan.

Anda dapat mengurangi mual muntah tersebut dengan minum banyak air putih dan makan dalam porsi yang kecil namun sering. Hindari terlambat makan dan makanan yang merangsang lambung (pedas, asam, soda). Anda juga dapat mengkonsumsi obat mual yang dapat diresepkan oleh dokter. Jika keluhan tetap berlanjut atau memberat, kami anjurkan Anda berkonsultasi kepada dokter kebidanan dan kandungan untuk mendapatkan terapi lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar