Sukses

Nyeri Otot setelah Olahraga

19 Nov 2015, 19:37 WIB
Pria, 43 tahun.

Selamat Pagi Dokter. Saya aktif berolahraga badminton 7 hari seminggu. beberapa bulan yang lalu saya mulai mengalami rasa nyeri mulai dari pangkal lengan kanan menjalar sampai ke siku dan sekitarnya.Rasa nyeri tersbut tetap terasa walau tidak sedang digunakan main badminton, makin terasa apabila sedang digunakan, bahkan sampai bergetar tangan bagian kanan krn rasa nyeri sangat terasa dibagian atas siku. Hampir setiap hari bagian yang terasa nyeri ini saya baluri cream yang panas (seperti balsem) dll, bahkan sudah di urut juga tp tidak mengalami perubahan yang berarti. Apa sebenarnya yang saya alami ini. apakah ada obat2 yang bisa mengatasi rasa nyeri ini. Pengalaman ini jg dialami rekan2 saya se klub latihan. Mohon Informasi dan sarannya. trims

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda saat ini adalah nyeri otot setelah aktifitas olahraga badminton. 

Jika benar yang Anda maksud adalah nyeri otot, keluhan Anda akan muncul terutama jika:

  • Anda melakukan aktifitas yang tidak biasa Anda lakukan

  • Anda tiba-tiba meningkatkan level intensitas gerakan anda atau meningkatkan lamanya waktu kerja.

  • Anda melakukan latihan eksentrik, yang malah memperpanjang bukannya memperpendek otot Anda

Perubahan-perubahan yang dilakukan dalam aktivitas yang Anda lakukan ini dapat menyebabkan cedera kecil yang disebut microdamage dalam serat otot dan jaringan ikat yang dikemudian hari akan membuat Anda merasakan sakit pada otot Anda.

Untuk itu, Kami sarankan Anda melakukan pemanasan sebelum beraktivitas guna mencegah terjadinya cedera pada otot. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa aktifitas pemanasan tersebut tidak dapat berbuat banyak untuk mencegah nyeri atau cedera. Beberapa bahan alami telah teruji dan terbukti mencegah sakit otot, termasuk antioksidan seperti vitamin C. Tetapi alangkah baiknya untuk konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum mengambil vitamin apapun dalam dosis yang tinggi.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar