Sukses

Menentukan masa subur jika haid tidak teratur

24 Nov 2015, 21:28 WIB
Wanita, 25 tahun.

Pagi doc??q dri bulan april kn minum obat REGUMEN sampe skrng,,pda waktu bulan april q bsa haid tgl 21,,truz bulan mei q jg mnum obat it n q haid tgl 22,,truz bulan juni in q jg minum,tp haid q mundur 1 minggu,,jd q haid tgl 29,,ap mngkin haid q dh mulai lancar???,,cz docter suruh q minum obat it 3 bulan,,n haid q kemaren skitar 3 hari dh mampet Prtanyaan q 1.gmana nentuin masa subur,,soalx suami q lebaran kurang 2 hari pulang,n q pngen hamil 2.apa kmungkinan besar q bsa hamil Trimakasih docter??

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Haid yang tidak teratur bisa disebabkan gangguan hormonal maupun gangguan organ reproduksi wanita. Untuk menentukan apakah gangguan haid tersebut mempengarhui kesuburan, maka perlu dipastikan penyebabnya apa. Untuk itu anda perlu berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter kandungan yang menangani kasus Anda, karena kami tidak dapat menentukan kesuburan Anda berdasarkan informasi yang terbatas saat ini.

Untuk mengetahui masa subur, perlu diketahui siklus menstruasi selama 3-6 bulan terakhir. Siklus menstruasi diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Untuk menghitung masa subur, dibutuhkan minimal pola menstruasi 3 bulan terakhir.

Untuk menghitung masa subur pada wanita dengan siklus haid tidak teratur harus dilihat dari 6 siklus haid. Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Rumusnya:

  • Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18
  • Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11

Masa subur (ovulasi) akan terjadi pada 14 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya.  Karena itu coba fokuskan untuk berhubungan sekitar masa subur tersebut. Berhubungan seksual sehari setelah selesai haid kemungkinan tidak dapat menyebabkan kehamilan. 

Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika anda melakukan hubungan seksual pada masa-masa itu. Kemudian Anda dan pasangan juga perlu melakukan hubungan seksual yang teratur 2-3 x/minggu. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. 

Dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Perlu juga diperhatikan: 

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)

  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas

  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar