Sukses

Penumpukan Lemak Dibawah Kulit Hidung

01 Jan 2016, 21:09 WIB
Pria, 20 tahun.

ada penumpukan lemak dibawah kulit hidung sehingga mnjadi bentol2 dan tdk estetika, cara menghilangkan bgmn

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mengenai benjolan pada hidung Anda sebaiknya diperiksakan kepada dokter spesialis kulit dahulu. Karena harus dilakukan pemeriksaan secara langsung untuk dapat memastikan penyebab benjolan tersebut, sehingga terapi yang tepat kemudian dapat disesuaikan.

Jika yang anda katakan merupakan Penumpukan Lemak Dibawah Kulit , maka disebut dengan lipoma, namun tidak umum ditemukan diarea hidung.

Lipoma adalah suatu tumor (benjolan) jinak yang berada dibawah kulit yang terdiri dari lemak. Biasanya lipoma dijumpai pada usia lanjut (40-60 tahun), namun juga dapat dijumpai pada anak-anak. Karena lipoma merupakan lemak, maka dapat muncul dimanapun pada tubuh ini. Jenis yang paling sering adalah yang berada lebih ke permukaan kulit (superficial). Biasanya lipoma berlokasi di kepala, leher, bahu, badan, punggung, atau lengan. Jenis yang lain adalah yang letaknya lebih dalam dari kulit seperti dalam otot, saraf, sendi, ataupun tendon.

Lipoma bersifat lunak pada perabaan, dapat digerakkan, dan tidak nyeri. Pertumbuhannya sangat lambat dan jarang sekali menjadi ganas. Lipoma kebanyakan berukuran kecil, namun dapat tumbuh hingga mencapai lebih dari diameter 6 cm.

Pada dasarnya lipoma tidak perlu dilakukan tindakan apapun, kecuali berkembang menjadi nyeri dan mengganggu pergerakan. Biasanya seseorang menjalani operasi bedah untuk alasan kosmetik. Operasi yang dijalani merupakan operasi kecil, yaitu dengan cara menyayat kulit diatasnya dan mengeluarkan lipoma yang ada. Namun hasil luka operasi yang ada akan sesuai dengan panjangnya sayatan. Untuk mendapatkan hasil operasi yang lebih minimal, dapat dilakukan liposuction. Sekarang ini dikembangkan tehnik dengan menggunakan gelombang ultrasound untuk menghansurkan lemak yang ada. Yang perlu diingat adalah jika lipoma yang ada tidak terangkat seluruhnya, maka masih ada kemungkinan untuk berkembang lagi di kemudian hari.

Kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan di pusat pelayan medis dengan fasilitas dan tenaga medis yang lengkap, agar dapat dipastikan apakah benar benjolan tersebut adalah penumpukan lemak, dan bagaimana pilihan terapi yang tepat dalam kasus Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar