Sukses

Benjolan Di Sekitar Vagina
30 Dec 2015, 21:45 WIB
Wanita, 20 tahun.

selamat malam dok ,saya semenjak di beri tahu hrd kalau saya mau di pindahkan kerja ke tempat cabang baru saya sering keputihan semenjak itu saya memakai avail pantiliner setiap hari. 3hari yang lalu waktu saya buang air kecil ada benjilan kecil di bagian dekat tempat buang air kecil itu dok. kalau kesentuh sakit. apa yg harus saya lakukan

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada vagina. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:  

  1. Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.

  2. Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina

  3. Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.

  4. Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.

  5. Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin  

  6. Pembengkakan kelenjar getah bening. Biasanya disebabkan karena ada infeksi, terutama bila timbul keputihan atau gatal pada vagina.

Untuk mengetahui penyebab benjolan  dan terapi apa yang sesuai, maka sebaiknya anda terlebih dahulu memeriksakan diri kepada dokter spesialis kulit dan kelamin.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar