Sukses

Rahang Bawah Maju
18 Sep 2015, 15:20 WIB
Pria, 19 tahun.

Halo dok, saya mau konsultasi nih, jadi rahang bawah saya lebih maju dari rahang atas, istilah medis nya saya kurang ngerti, sebutan nya mungkin cakil/cameuh seingat saya, cakil ini bukan bawaan lahir, karna ketika saya kecil cakil nya tidak separah saat ini, yang saya ingat dulu ada gigi geraham saya yang patah dan tidak seutuhnya tercabut sampai saat ini. ini sangat mengganggu penampilan saya dok, ketika saya tersenyum atau tertawa saya jadi tidak percaya diri ketika hendak menggigit makanan juga saya tidak bisa dok dikarnakan gigi dan rahang bawah saya tidak rata dengan rahang atas yg saya mau tanyakan, apa bisa rahang bawah saya kembali rata/normal dengan rahang atas? jika bisa, apakah ada batasan umur untuk memodifikasi bentuk rahang? karena umur saya skarang 20 tahun. terima kasih dok

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.  Kelainan posisi rahang bawah sepeti yang Anda alami sebaiknya segera diperbaiki, perawatan pada usia sedini mungkin akan sangat efektif, karena pada usia yang masih muda sekali ini penyimpangan atau abnomalitas pertumbuhan tulang rahang bawah belum menyebabkan modifikasi yang cukup banyak. Biasanya keadaan ini bermanifestasi pada usia 14 sampai 30 tahun.

Perawatan untuk keadaan tersebut dapat dilakukan dengan terapi alat ortodontik dan pembedahan. Untuk lama proses perawatan itu bergantung dari kondisinya, semakin berat maloklusinya maka akan semakin kompleks perawatan dan juga waktu yang dibutuhkan dapat lebih lama. Untuk memastikan perawatan yang tepat bagi keadaan Anda maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi juga pemeriksaan pendukung lainnya seperti foto x-ray agar dapat dianalisa secara tepat. Konsultasikanah masalah Anda secara langsung pada dokter gigi spesialis ortodonti.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar