Sukses

Anak Belum BAB Setelah Minum Obat Diare
30 Dec 2015, 21:56 WIB
Wanita, 21 tahun.

ansk saya 1 hari yg lalu bab mencret 3x langsung saya bawa ke bidan dikasih obat tapi udah 2 hari gak pub gimna ya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Penanganan diare pada anak berbeda dengan orang dewasa. Dimana pada usia dewasa yang mengalami diare dapat diberikan obat untuk menghentikan diare yang dijual tanpa resep dokter. Namun, obat tersebut seharusnya tidak bisa diberikan kepada anak.

Penanganan diare pada anak yang benar adalah mencegah dehidrasi (dengan pemberian cairan yang adekuat), Pemberian Zinc Selama 10 hari (mencegah diare berulang), Pemberian ASI dan MPASI tetap dilanjutkan, Pemberian Antibiotik (hanya diberikan bila ada indikasi), dan Edukasi orang tua dimana harus mengenali tanda bahaya diare pada anak (segera membawa anak kedokter bila keluhan diare disertai demam, tinja berdarah, muntah berulang, makan atau minum sedikit, sangat haus, diare makin sering, atau belum membaik dalam 3 hari). Tidak ada dalam langkah penanganan diare yang menyebutkan obat untuk menghentikan diare pada Anak.

Saat ini sebaiknya anak anda segera diperiksakan kepada dokter terdekat agar dapat dievaluasi kondisi penyakitnya serta diberikan terapi yang sesuai.

Untuk informasi lengkap mengenai diare pada anak, dapat anda lihat dalam salah satu artikel kesehatan Kami yang berjudul 'Pertolongan Pertama pada Diare Anak'.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar