Sukses

Kandungan klorin Pada Pembalut Wanita
25 Nov 2015, 20:47 WIB
Wanita, 0 tahun.

Health Awas, Pembalut Ini Mengandung Klorin Tinggi! Shutterstock Ilustrasi Pembalut. Selasa, 7 Juli 2015 | 13:50 WIB JAKARTA, KOMPAS.com - Pembalut biasa digunakan wanita saat menstruasi. Namun, sejumlah pembalut wanita ternyata mengandung klorin, yaitu bahan kimia yang biasa digunakan sebagai pemutih. Adanya kandungan klorin ini terungkap dari hasil penelitian Yayasan pLembaga Konsumen Indonesia (YLKI). Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel 9 merek pembalut wanita. Hasilnya, kadar klorin tertinggi didapat pada pembalut wanita merek Charm. "Merk Charm terbukti mengandun g kadar klorin tertinggi, yaitu 54,73 ppm (parts per million)," ujar peneliti YLKI Arum Dinta dalam jumpa pers di Kantor YLKI, Selasa (7/7/2015). Kemudian, secara berturut-turut, yaitu merek Nina Anion (39,2 ppm), My Lady (24,44 ppm), VClass Ultra (17,74 ppm), Kotex (8,23 ppm), Hers Protex (7,93 ppm), Laurier (7,77 ppm), Softex (7,3 ppm), dan Softness Standar Jumbo Pack (6,05 ppm). setelah baca berita itu jadi bingung dan takut,minta info dan sarannya kita memakai harus memakai pembalut yg seperti apa dan merk apa yang sudah teruji aman dipakai dan sudah teruji standart kesehatannya.terimakasih dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya memang ramai diberitakan mengenai pembalut yang beredar di Indonesia mengandung klorin yang berpotensi memberikan bahaya bagi kesehatan. Namun, belum ada penelitian medis resmi yang menjelaskan bahaya paparan klorin pada area kelamin pada khususnya dari pembalut wanita. Hal ini didukung juga dengan pertanyaan Kementerian Kesehatan RI yang diungkapkan oleh Direktur Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Maura Linda Sitanggang, bahwa penggunaan klorin pembalut di Indonesia yang memiliki izin edar masih dalam batas aman. Untuk artikel lengkapnya, Anda dapat mengaksesnya di  Kemenkes RI: Klorin di Pembalut Indonesia Tidak Berbahaya.

Sebagai kesimpulan, selama pembalut digunakan sesuai kebutuhan dan dengan rutin diganti, maka penggunaan pembalut yang beredar diindonesia Aman untuk digunakan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar