Sukses

Penyakit Mata Ikan Tidak Kunjung Sembuh

30 Dec 2015, 21:03 WIB
Pria, 19 tahun.

kenapa penyakit mata ikan saya tidak sembuh sembuh? setiap sembuh di titik tertentu selalu muncul lagi di titik lain, saya sudah pakai obat salisilat tp hanya mengelupaskan kulitnya, tidak sampai ke akar nya. mohon pencerahannya , terima kasih dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Mata ikan disebut juga clavus. Clavus merupakan penebalan kulit karena adanya tekanan dan gaya gesek yang intermiten, umumnya ditemukan pada telapak kaki.  Walaupun bukan suatu kondisi yang membahayakan, gangguan kulit di kaki ini membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan nyeri.

Untuk mengatasinya dapat digunakan obat-obat tertentu yang bersifat keratolitik, seperti asam salisilat. Di pasaran tersedia juga plester yang mengandung asam salisilat. Sedangkan untuk mengurangi friksi atau gesekan yang ada bisa digunakan bantalan pada sepatu.

Jika dengan cara-cara ini nyeri tetap tidak berkurang, maka perlu dilakukan operasi kecil karena artinya penebalan sudah cukup tebal dan dalam. Anda dapat mengunjungi dokter untuk tindakan bedah minor ini sehingga keluhan Anda dapat segera diatasi.

Penyakit ini memang dapat kambuh kembali bila mata ikan tidak diangkat seluruhnya dan proses penyembuhannya membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Kami sarankan Anda untuk terlebih dahulu memeriksakan diri ke Dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan kepastian diagnosa dan tata laksana yang sesuai.

Semoga penjelasan ini dapat dipahami.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar