Sukses

Seputar Ginkgo Biloba

07 Jul 2015, 10:19 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok saya mau tanya, saya baca di artikel bahwa Ginkgo Biloba itu dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Apakah itu benar telah teruji? Saya mau minta saran apakah bisa dikonsumsi atau sebaiknya jangan? Terimakasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Ginkgo bilo merupakan tanaman herbal yang sering digunakan untuk memperbaiki memori dan membantu mengatasi demensia. 

Selain itu ginko biloba dapat digunakan pada penyakit berikut:
  • Insufisiensi cerebral (penurunan aliran darah ke otak) 
  • Gangguan cemas
  • Schizophrenia
  • Premenstrual syndrome
  • Gangguan di mata

Terdapat beberapa bukti ilmiah yang menunjukan manfaat ginkgo biloba. Studi laboratorium menunjukan bahwa ginkgo dapat meningkatkan aliran darah dengan membuka/ melebarkan pembuluh darah dan membuat darah tidak kental. Ginkgo juga bermanfaat sebagai antioksidan.

Sebuah penelitian oleh Masayekh et al berjudul Effects of Ginkgo biloba on cerebral blood flow assessed by quantitative MR perfusion imaging: a pilot study menunjukan adanya peningkatan aliran darah otak ke bagian parietal-oksipital otak sebelah kiri.

Efek samping mengkonsumso ginkgo biloba antara lain: gangguan alergi, pusing, muntah. Efek samping yang lebih berat seperti mudah terjadi perdarahan dan lebam, kejang, kelemahan otot. 
 
Sebelum mengonsumsi ginkgo biloba disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, mengingat salah satu efek ginkgo biloba adalah mengencerkan darah sehingga risiko perdarahan menjadi lebih tinggi.
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar