Sukses

Penyebab Bibir Kering Pada Bayi

28 Dec 2015, 21:55 WIB
Wanita, 28 tahun.

Selamat sore dok, mohon informasinya utk anak sy yg baru berumur 16 hari kenapa kok bibir nya kelihatan kering? Apa ada faktor dari asi sy? Atau mungkin faktor lain? Mohon solusinya. Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Penyebab dari bibir kering adalah lapisan minyak dari bibir yang hilang, yang mungkin disebabkan oleh beberapa hal seperti : paling sering oleh udara dingin (dalam kondisi anda mungkin kulit bibir anda sensitif jadi mudah kering bila terkena AC), terutama pada udara yang kering.

Selain itu bibir pada bayi dapat juga disebabkan oleh infeksi jamur. Tentunya untuk mendapatkan kepastian penyebab diperlukan pengamatan dan pemeriksaan dari dokter.

Namun sebagai informasi untuk Anda, akan kami paparkan mengenai infeksi jamur pada mulut.

Infeksi jamur yang terjadi di daerah sekitar mulut umumnya disebabkan oleh jamur Candida albicans yang disebut dengan oral thrush. Selain di mulut, jamur Candida juga dapat menyebabkan infeksi di daerah vagina dan lipatan kuku.

Candida dalam jumlah sedikit umumnya hidup pada kulit dan mulut yang sehat. Pada keadaan tersebut candida tidak berbahaya.

Namun jika terjadi perkembangbiakan yang berlebihan yang seringkali tidak diketahui penyebabnya , maka keadaan ini dapat menyebabkan oral thrush. Sehingga oral thrush  tidak hanya dikarenakan oleh higiene buruk pada mulut ataupun bayi tersebut dalam keadaan sakit.

Gejala yang dapat terlihat yaitu bercak putih yang berkembang di dalam mulut atau lidah dan membentuk plak. Bercak tersebut dapat berubah menjadi kuning atau hijau. Bayi merasa tidak terganggu namun terlihat menolak makanan dan ngiler.

Umumnya penderita dapat diberikan obat anti jamur dengan kandungan nystatin dan gejala akan membaik. Namun bila lebih dari 7 hari tidak ada perbaikan, sebaiknya Anda membawa anak Anda ke dokter spesialis anak untuk pemeriksaan menyeluruh.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar