Sukses

Air Kunyit Dan Air Rebusan Daun Sirih Untuk Mempercepat Pemulihan Rahim Dan Luka?

28 Dec 2015, 21:27 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dear dokter, saya baru saja melahirkan normal anak pertama 12 hari lalu, dg luka jahit. Saya telah mengonsumsi obat2 dari bidan hingga habis (10 hari). Kini saya dianjurkan orang2 tua untuk mengonsumsi air kunyit dan air rebusan daun sirih untuk mempercepat pemulihan rahim dan luka. Namun beberapa orang malah melarang karena konon kunyit membuat BAB sulit. Saya jadi bingung, padahal saya juga ingin cepat pulih dan juga tak ingin BAB terganggu seperti di minggu pertama. Mohon saran dari dokter. Terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Hingga saat ini belum ada sumer resmi medis yang menyatakan adanya manfaat Air Kunyit Dan Air Rebusan Daun Sirih Untuk Mempercepat Pemulihan Rahim Dan Luka. Selain tidak diketahui manfaat pastinya, efek samping yang dapat ditimbullkan juga tidak diketahui. Untuk itu sebaiknya anda lebih bijak dalam menanggapi saran orang tua tersebut.

Untuk pengembalian kondisi rahim atau penyembuhan luka jahitan pasca melahirkan sebaiknya anda rutin memeriksakannya kepada bidan atau dokter Anda. Sehingga jika ditemukan adanya masalah, maka dapat segera ditangani.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar