Sukses

Stress Sebabkan Jerawat ?

25 Jul 2015, 11:30 WIB
Pria, 18 tahun.

Faktor stres dapat menimbulkan jerawat maksudnya apa ya dok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Stres ternyata memegang peranan penting dalam memperberat jerawat. Stres bukan penyebab utama terjadinya jerawat namun dapat memperparah jerawat yang sudah terjadi.

Jerawat merupakan keadaan yang sangat individual. Penyebab jerawat pada tiap-tiap orang dapat sangat bervariasi. Namun, terdapat 3 konsep dasar mengenai mekanisme terjadinya jerawat, yang dapat saling berinteraksi, yaitu hiperaktivitas kelenjar sebasea (lemak), perubahan pada pertumbuhan sel kulit paling luar, dan pengaruh bakteri. Faktor keturunan dan aktivitas hormonal, juga sangat berpengaruh terhadap terjadinya jerawat.

Hal-hal yang dapat memicu terjadinya jerawat yang mempengaruhi 3 mekanisme dasar di atas, seperti:

  • Stres
  • Penggunaan kosmetika
  • Banyak minum minuman keras dan pedas
  • Merokok
  • Polusi debu
  • Jerawat yang ditekan-tekan

Mekanisme yang jelas mengenai hubungan stress dan jerawat memang belum diketahui, namun diduga pada mereka yang mengalami stres psikologis, kelenjar-kelenjar sebasea pada kulit memproduksi sebum lebih banyak. Selain itu, mereka yang mengalami stres juga cenderung menekan-nekan sendiri jerawatnya sehingga memicu peradangan terjadi lebih hebat. Jerawat akan semakin membandel ketika seseorang sedang mengalami stres yang berlebihan.

Silahkan baca kumpulan artikel kami mengenai jerawat:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar