Sukses

Sperma Keluar Setiap Pagi Setelah Bangun Tidur

24 Nov 2015, 20:14 WIB
Pria, 25 tahun.

Salam,,, Mas lagsung saja ya ,, saya mau nanya mas, tentang pergantian sperma, dalam tiga hari kebelkang ini saya di keluhkan dengan kluarnya sperma tiap pagi setelah bngun tidur, apa ada mas pengaruhnya dengan penyebab pnyakit mani encer atao ejakulasi dini??? Terimaksih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah sperma yang keluar dipagi hari setelah bangun tidur disertai dengan ‘mimpi basah’? Jika ya, maka hal ini masih terbilang wajar. (Untuk informasi lengkapnya, Anda dapat mengakses artikkel kami yang berjudul Inilah Penyebab Mimpi Basah )

Namun, jika sperma yang keluar sendiri tanpa anda sadari atau tidak atas kemauan sendiri setelah mengalami rangsangan seksual, maka perlu dicurigai adanya kondisi gangguan medis yang terjadi, yaitu kebocoran katup mani atau spermatorrhea. Spermatorrhea adalah suatu kondisi terjadinya ejakulasi secara tidak sengaja(tanpa adanya rangsangan seksual) dan  atau berlebihan yang dikenal dalam kedokteran timur. Gejalanya adalah terjadinya ejakulasi yang tiba-tiba dengan frekuensi yang sering dan/atau ejakulasi dengan jumlah yang lebih banyak daripada normal. Hingga kini, berdasarkan ilmu kedokteran, penyebabnya sangat luas dan perlu dilakukan pemeriksaan dan evaluasi lengkap untuk mengetahui apakah terdapat keterlibatan organ fisik dan/atau psikis.

Penyebab tersering dari spermatorrhea adalah:

  • karena seringnya masturbasi, atau stimulasi dari menonton tv atau buku yang berhubungan dengan pornografi. 

  • peradangan pada organ genital 

  • Kondisi fisik atau psikis yang lemah, bisa menyebabkan disfungsi organ yang menyebabkan pusat otak hilang kontrol kepada pusat seks.

Penanganan Spermatorrhea dapat dilakukan dengan:

  • Mengurangi frekuensi masturbasi

  • Perubahan gaya hidup: olahraga teratur, pola makan sehat, menghindari alkohol dan obat-obatan terlarang

  • Mengosongkan kandung kemih sebelum tidur

Jika ini yang terjadi, saran kami Anda berkonsultasi langsung kepada dokter spesialis Andrologi untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung sehingga terapi yang diberikan dapat optimal.

Berikut artikel yang kami berikan untuk menambah informasi Anda: 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar